detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 20:45 WIB

Trump Tuduh Iran Dalangi Serangan Kapal Tanker di Teluk Oman

Novi Christiastuti - detikNews
Trump Tuduh Iran Dalangi Serangan Kapal Tanker di Teluk Oman Foto yang dirilis militer AS menunjukkan kerusakan pada kapal tanker yang diduga dipicu ranjau laut (U.S. Navy/Handout via REUTERS)
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menuduh langsung Iran sebagai pihak yang menyerang dua kapal tanker di Teluk Oman. Trump menyebut nama Iran 'secara jelas tertulis' dalam insiden itu.

"Iran melakukannya," tuding Trump dalam wawancara dengan acara 'Fox and Friends', seperti dilansir AFP, Jumat (14/6/2019).

Tuduhan ini dilontarkan Trump setelah militer AS merilis rekaman video yang disebut menunjukkan kapal patroli Iran memindahkan sebuah ranjau yang tak meledak dari sisi kapal tanker yang rusak dalam serangan di Teluk Oman pada Kamis (13/6) waktu setempat.

"Anda tahu mereka melakukannya karena Anda melihat kapalnya," sebut Trump.


"Saya menduga salah satu ranjau tidak meledak dan itu kemungkinan pada dasarnya secara jelas menunjukkan karakteristik Iran," imbuhnya.

"Anda melihat kapalnya pada malam hari, dengan sukses berusaha memindahkan ranjau -- dan itu terungkap," tandas Trump.

Rekaman video yang dirilis militer AS menunjukkan sebuah ranjau limpet, yakni jenis ranjau laut yang dipasang ke target dengan magnet, dipindahkan dari lambung salah satu kapal tanker yang diserang di Teluk Oman. Ranjau itu dipindahkan karena tidak meledak.

Otoritas Iran belum menanggapi tuduhan dari Trump, namun sebelumnya Iran telah membantah tuduhan yang dilontarkan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.


Pompeo dalam pernyataannya menuduh Iran melakukan 'serangan-serangan tanpa diprovokasi' terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman. Disebutkan Pompeo bahwa AS telah membuat tinjauan tentang tipe senjata yang digunakan dalam serangan tersebut berdasarkan laporan intelijen.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif dalam tanggapannya menuding pemerintah AS terlalu cepat melempar 'tuduhan terhadap Iran tanpa sedikit pun bukti faktual maupun tidak langsung'. Dia menuduh AS berusaha 'menyabotase diplomasi' di tengah kunjungan Perdana Menteri (PM Jepang Shinzo Abe ke Teheran dan 'menutupi teror ekonomi terhadap Iran' dengan sanksi unilateral.

Tidak ada korban jiwa dalam serangan terhadap dua kapal tanker itu. Semua awak telah dievakuasi dengan selamat. Namun kedua kapal mengalami kerusakan parah akibat serangan tersebut.

Momen saat kapal patroli Iran memindahkan ranjau yang tidak meledak dari kapal tanker yang diserang di Teluk OmanMomen saat kapal patroli Iran memindahkan ranjau yang tidak meledak dari kapal tanker yang diserang di Teluk Oman Foto: Courtesy U.S. Military/Handout via REUTERS

(nvc/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed