detikNews
Kamis 13 Juni 2019, 19:46 WIB

Balas Serangan Roket, Israel Gempur Posisi Hamas di Gaza

Novi Christiastuti - detikNews
Balas Serangan Roket, Israel Gempur Posisi Hamas di Gaza Ilustrasi -- Sistem antirudal Iron Dome milik Israel menembak jatuh roket dari Gaza (JACK GUEZ/AFP)
Gaza City - Pesawat tempur Israel melancarkan serangan udara terhadap target Hamas di Gaza pada Kamis (13/6) waktu setempat. Israel mengklaim serangan udara itu merupakan balasan atas serangan roket dari Gaza.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (13/6/2019), militer Israel dalam pernyataannya menyebut sejumlah pesawat tempurnya menyerang 'infrastruktur bawah tanah' di area kamp militan Hamas yang menguasai wilayah Gaza.

Tidak ada laporan korban luka maupun korban jiwa akibat serangan Israel ini.


Ditegaskan militer Israel bahwa serangan udara ini merespons sebuah roket yang ditembakkan dari wilayah Gaza pada Rabu (12/6) malam waktu setempat. Israel menyatakan bahwa rudal dari Gaza itu dicegat oleh sistem antirudal Iron Dome.

Insiden ini menjadi yang terbaru sejak gesekan antara Israel dan Hamas terjadi bulan lalu. Dalam pertempuran sengit selama dua hari pada awal Mei, sejumlah proyektil dari Gaza menewaskan empat warga sipil di Israel. Serangan balasan dari Israel menewaskan 21 warga Palestina, separuhnya warga sipil, di Gaza.

Gencatan senjata yang dimediasi oleh Mesir, Qatar dan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengakhiri konflik tersebut.


Sekitar dua juta warga Palestina tinggal di Gaza dalam kondisi memprihatinkan di bawah blokade Israel dan Mesir. Bantuan-bantuan internasional yang dikirimkan ke Gaza mengalami pemotongan beberapa waktu terakhir.

Israel dalam penegasannya menyatakan blokade terhadap Gaza diperlukan untuk menghentikan aliran persenjataan ke Hamas. Diketahui bahwa Israel dan Hamas sudah tiga kali terlibat perang sejak Hamas menguasai Gaza tahun 2007 lalu.


(nvc/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed