detikNews
Kamis 30 Mei 2019, 09:55 WIB

Kapal Wisata Tenggelam di Budapest, 7 Turis Korsel Tewas dan 19 Hilang

Novi Christiastuti - detikNews
Kapal Wisata Tenggelam di Budapest, 7 Turis Korsel Tewas dan 19 Hilang Kapal penyelamat terlihat di Sungai Danube usai tenggelamnya kapal wisata yang membawa turis Korsel (REUTERS/Bernadett Szabo)
Budapest - Sebuah kapal wisata yang membawa turis asal Korea Selatan (Korsel) terbalik dan tenggelam di Sungai Danube, Hungaria. Sedikitnya tujuh turis asal Korsel tewas dan 19 orang lainnya hilang.

Seperti dilansir AFP dan CNN, Kamis (30/5/2019), insiden ini terjadi di dekat Gedung Parlemen Hungaria yang ada di jantung kota Budapest, pada Rabu (29/5) malam waktu setempat. Saat insiden terjadi, kapal wisata ini sedang membawa turis Korsel menjelajah Sungai Danube yang merupakan sungai terpanjang kedua di Eropa.

Kementerian Luar Negeri Korsel dalam pernyataannya menyebut total ada 33 warga Korsel di atas kapal wisata tersebut. Mereka memastikan tujuh korban tewas dalam insiden ini semuanya warga Korsel. Disebutkan juga bahwa kapal wisata sepanjang 26 meter itu juga membawa dua awak berkewarganegaraan Hungaria.

"Di antara 33 warga Korea Selatan, tujuh orang diselamatkan, sebuah operasi penyelamatan untuk 19 orang lainnya yang hilang masih berlangsung dan tujuh orang dikonfirmasikan tewas," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Korsel.


Dalam pernyataan terpisah, otoritas darurat Hungaria juga menyebut tujuh orang tewas dalam insiden kapal tenggelam ini. Mereka menyebut jumlah korban hilang mencapai 'lebih dari 13 orang'.

"Pada saat ini, tujuh orang dibawa ke rumah sakit dalam kondisi stabil dan dinas kami mencatat kematian tujuh orang lainnya," ucap juru bicara Dinas Darurat Hungaria, Pal Gyorfi, pada Kamis (30/5) pagi waktu setempat. Dia tidak menyebut asal kewarganegaraan para korban.

Situasi di sekitar Sungai Danube usai tenggelamnya kapal wisata yang membawa turis KorselSituasi di sekitar Sungai Danube usai tenggelamnya kapal wisata yang membawa turis Korsel Foto: REUTERS/Bernadett Szabo

Ditambahkan Gyorfi bahwa upaya pencarian untuk korban hilang terus dilakukan dengan bantuan tim penyelam. Kondisi Sungai Danube yang meluap akibat hujan lebat sejak awal Mei mempersulit upaya pencarian.

Laporan media lokal ATV menyebut, kapal wisata itu sempat bertabrakan dengan sebuah kapal wisata lainnya yang berukuran lebih besar. Tabrakan ini terjadi pada Rabu (29/5) malam sekitar pukul 22.00 waktu setempat, tepatnya di titik dekat Gedung Parlemen Hungaria dan Jembatan Elisabeth dekat pusat kota Budapest.


Insiden ini terjadi di titik populer Sungai Danube yang kerap didatangi para turis untuk tamasya. Dari titik itu, para penumpang kapal bisa menyaksikan pemandangan kota Budapest dan Gedung Parlemen yang menyala terang di malam hari.

Setelah terbalik dan tenggelam, seperti dilaporkan media-media lokal, kapal wisata itu ditemukan di titik dekat Jembatan Marguerite yang menghubungkan kota tua Buda dan distrik Pest usai pencarian selama berjam-jam. Untuk sementara waktu, akses ke Sungai Danube diblokir oleh otoritas setempat.

Kapal yang tenggelam itu diketahui bernama 'Mermaid' yang merupakan milik armada wisata Panorama Deck yang mengoperasikan tamasya sungai di Danube.

Menteri Kesehatan Hungaria, Ildiko Horvath, mendatangi lokasi dan menyampaikan belasungkawa untuk keluarga korban. Sedangkan Presiden Korsel Moon Jae-In meminta otoritas 'mengerahkan seluruh sumber daya yang ada' untuk operasi penyelamatan.


(nvc/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed