detikNews
Senin 27 Mei 2019, 11:20 WIB

Perkelahian Maut di Penjara Brasil, 15 Tahanan Tewas

Rita Uli Hutapea - detikNews
Perkelahian Maut di Penjara Brasil, 15 Tahanan Tewas Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Rio de Janeiro - Sebanyak 15 tahanan tewas dalam huru-hara di sebuah penjara di Brasil. Korban jiwa tersebut berjatuhan saat para tahanan berkelahi.

Insiden itu terjadi pada Minggu (26/5) sekitar pukul 11.00 waktu setempat saat jam kunjungan di penjara yang berlokasi sekitar 28 kilometer dari Manaus, ibu kota negara bagian Amazonas, Brasil utara.

"Itu perkelahian antara para tahanan," kata pejabat otoritas penjara, Kolonel Marcos Vinicius Almeida pada konferensi pers seperti dilansir dari kantor berita AFP, Senin (27/5/2019).


Almeida mengatakan, penyelidikan telah dimulai untuk mengetahui penyebab perkelahian maut tersebut.

Almeida menekankan bahwa otoritas langsung bertindak dalam beberapa menit keributan itu terjadi, sehingga mencegah akibat yang lebih buruk.

Sebelumnya pada Januari 2017, fasilitas penjara tersebut juga dilanda aksi pemberontakan para napi yang berlangsung selama hampir 20 jam. Sebanyak 56 orang tewas saat itu.


Menurut data resmi pemerintah, Brasil memiliki jumlah tahanan terbesar di dunia, dengan total 726.712 tahanan tercatat pada tahun 2016. Jumlah tahanan tersebut mencapai dua kali lipat dari kapasitas penjara-penjara di negeri tersebut, yakni sebanyak 368.049 tahanan pada tahun 2016.

Selain jumlah penghuni yang melebihi kapasitas, penjara-penjara di Brasil juga marak dilanda kekerasan geng, kerusuhan dan upaya pelarian tahanan.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed