DetikNews
Minggu 26 Mei 2019, 14:57 WIB

Trump-Abe Jalankan Diplomasi Golf dan Sumo Saat Bertemu di Jepang

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Trump-Abe Jalankan Diplomasi Golf dan Sumo Saat Bertemu di Jepang Foto: Reuters/Kyodo
Tokyo - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menjalankan 'diplomasi golf' dengan Perdana Menteri Jepang Menteri Shinzo Abe, di hari kedua kujungannya di Jepang. Diplomasi ini bertujuan untuk melicinkan diskusi soal hubungan dagang, utamanya terkait komoditas daging sapi.

Seperti dilansir Rueters, Minggu (26/5/2019), Trump disebut tidak senang dengan surplus neraca perdagangan Jepang yang tinggi. Sehingga, dia mempertimbangkan untuk menaikkan tarif tinggi pada ekspor mobil, apabila perjanjian perdagangan bilateral tak menemui kata sepakat. Seperti diketahui AS dan China saat ini sedang terlibat dalam perang dagang yang telang menggempur pasar keuangan dunia.



"Kemajuan besar dibuat dalam negosiasi perdagangan kami dengan Jepang. Pertanian dan daging sapi dalam permainan, "tweet Trump usai tiba kembali ke Tokyo.

"Banyak yang akan menunggu sampai setelah pemilihan Juli mereka di mana saya mengantisipasi sejumlah besar," lanjutnya.

Di lapangan golf, Trump dan Abe tampak tersenyum kompak ke arah fotografer. Trump memakai sweater merah sementara Abe mengenakan blazer biru dan celana putih.

Lantas, Abe memposting foto selfie di lapangan saat bersama Trump. Abe berharap bisa membuat aliansi Jepang-AS semakin tak tergoyahkan.

Burger keju yang terbuat dari daging sapi impor AS juga disajikan secara khusus untuk menu makan siang mereka usai bermain golf. Kementerian Luar Negeri Jepang menyatakan dalam pernyataan tertulisnya, Abe dan Trump terlibat dalam diskusi yang bersahabat dan nyaman.

"Mereka memperdalam persahabatan mereka di tengah suasana yang nyaman," demikian pernyataan Kemlu Jepang.



Kedua pemimpin juga dikabarkan, berencana membahas program nuklir dan rudal Korea Utara. Trump mengatakan pada hari Minggu (26/5/2019) bahwa dia tidak khawatir tentang peluncuran rudal baru-baru ini dari Korea Utara dan yakin bahwa pemimpin negara itu, Kim Jong Un, akan menepati janjinya.

Sebelumnya, dalam agenda hari pertamanya di Jepang, Donald Trump berencana bertemu Kaisar Naruhito yang baru naik takhta, serta menghadiri pertemuan sumo.
(rdp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed