detikNews
Selasa 21 Mei 2019, 16:23 WIB

Turki Perintahkan Penangkapan 249 Staf Kementerian Luar Negeri

Rita Uli Hutapea - detikNews
Turki Perintahkan Penangkapan 249 Staf Kementerian Luar Negeri Foto: andi saputra
Ankara - Otoritas Turki memerintahkan penangkapan 249 staf Kementerian Luar Negeri yang diduga terkait kelompok pimpinan ulama Fethullah Gulen, yang dituding mendalangi percobaan kudeta di Turki tahun 2016.

Kantor kejaksaan Turki di Ankara menyatakan seperti dilansir dari kantor berita AFP, Selasa (21/5/2019), ke-249 orang yang diperintahkan ditangkap itu terdiri dari para staf dan bekas staf Kementerian Luar Negeri. Sejauh ini setidaknya 78 orang telah ditahan.

Perintah penangkapan terbaru ini merupakan bagian dari penyelidikan di 42 kota atas dugaan kecurangan dalam ujian masuk Kementerian Luar Negeri yang menguntungkan para anggota jaringan Gulen. Menurut kantor kejaksaan, para tersangka itu bergabung ke Kementerian Luar Negeri antara tahun 2010 dan 2013.


Sumber kehakiman mengatakan kepada AFP, 14 orang di antaranya saat ini masih bertugas di Kementerian, sedangkan sisanya telah dicopot dari posisi mereka.

Pemerintahan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuding Gulen dan para pengikutnya mendalangi kudeta yang gagal pada tahun 2016, yang bertujuan menggulingkan kekuasaan Erdogan.

Gulen dan kelompoknya telah membantah tuduhan tersebut, dan bersikeras bahwa kelompoknya merupakan kelompok damai yang mengkampanyekan pendidikan dan Islam moderat.


Ratusan ribu pekerja sektor publik, termasuk hakim, guru dan tentara, telah dipecat atau diskorsing sejak percobaan kudeta tersebut.

Otoritas Turki menegaskan bahwa pihaknya perlu untuk membuang "virus" Gulen dari institusi-institusi pemerintah. Namun para aktivis dan negara-negara Barat mengkritik keras operasi yang dilakukan Turki terhadap para pengikut Gulen.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed