DetikNews
Kamis 16 Mei 2019, 16:29 WIB

AS Hentikan Sementara Seluruh Penerbangan dari dan ke Venezuela

Novi Christiastuti - detikNews
AS Hentikan Sementara Seluruh Penerbangan dari dan ke Venezuela Ilustrasi (Thinkstock)
Washington DC - Departemen Transportasi Amerika Serikat (AS) menangguhkan seluruh penerbangan dari dan ke Venezuela, baik pesawat penumpang maupun kargo. AS menjadikan kerusuhan sipil di sekitar bandara Venezuela sebagai alasan penangguhan.

Seperti dilansir kantor berita Anadolu Agency, Kamis (16/5/2019), Departemen Keamanan Dalam Negeri dalam suratnya menyebut kondisi di Venezuela bisa mengancam 'keselamatan atau keamanan penumpang, pesawat atau para awak'.

Maskapai American Airlines pada Maret lalu mengumumkan bahwa pihaknya akan menangguhkan operasional penerbangan dari dan ke Venezuela untuk batas waktu yang tak ditentukan. American Airlines menjadi maskapai AS terbesar yang mengoperasikan penerbangan antara kedua negara.


Diketahui bahwa pada April lalu, Otoritas Penerbangan Federal AS atau FAA merilis perintah larangan bagi para operator udara AS untuk terbang di bawah ketinggian 26 ribu kaki atau sekitar 7.900 meter di wilayah udara Venezuela.

Langkah penghentian sementara penerbangan ini menjadi aksi terbaru yang diambil pemerintahan Presiden AS Donald Trump terhadap pemerintahan Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

AS sebelumnya terang-terangan menyatakan dukungan pada upaya kudeta yang dipimpin pemimpin oposisi Juan Guaido untuk melengserkan Maduro. Pekan lalu, pemerintahan AS menjatuhkan saksi terhadap sektor-sektor pertahanan dan keamanan Venezuela, dalam salah satu upaya untuk mengisolasi Maduro.


Venezuela jatuh ke dalam krisis kemanusiaan dan ekonomi di tengah gejolak politik antara Maduro dan Guaido. AS semakin meningkatkan tekanan diplomatik dan ekonomi terhadap Venezuela, termasuk menjatuhkan sanksi terhadap perusahaan minyak negara demi memaksa Maduro meninggalkan jabatannya.

Namun Maduro yang masih didukung jajaran pejabat tinggi pemerintahan dan militer Venezuela masih bertahan di posisinya.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed