DetikNews
Rabu 15 Mei 2019, 18:28 WIB

Bentrok dengan Polisi Bangladesh, 2 Penyelundup Rohingya Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Bentrok dengan Polisi Bangladesh, 2 Penyelundup Rohingya Tewas Ilustrasi kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh (REUTERS/Mohammad Ponir Hossain/File Photo)
Dhaka - Kepolisian Bangladesh terlibat bentrokan dengan sindikat penyelundup warga Rohingya dalam operasi di dekat kamp pengungsi Rohingya. Dua penyelundup warga Rohingya tewas dalam bentrokan itu.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (15/5/2019), bentrokan pecah saat polisi menggerebek sebuah area di dekat kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh bagian tenggara pada Selasa (14/5) waktu setempat. Penggerebekan dilakukan berdasarkan informasi anonim yang didapat polisi soal sindikat penyelundup ke Malaysia.

"Segera setelah tim kepolisian mencapai lokasi, sekelompok penyelundup melepas tembakan ke arah mereka, memicu baku tembak," tutur pejabat kepolisian kota Teknaf, Pradip Kumar Das, kepada Reuters.


Beberapa penyelundup berhasil melarikan diri dari lokasi, namun dua orang di antaranya mengalami luka-luka. Kedua penyelundup yang luka-luka itu akhirnya tewas dalam perjalanan ke rumah sakit.

Identitas kedua penyelundup yang tewas tidak disebut lebih lanjut. Hanya disebut bahwa keduanya juga merupakan Rohingya dari Myanmar.

Dalam insiden terpisah pada Selasa (14/5) waktu setempat, otoritas Bangladesh mencegah penyelundupan puluhan pengungsi Rohingya ke Malaysia dengan kapal.

"Mereka membujuk Rohingya, khususnya wanita, dengan harapan kehidupan lebih baik dan pekerjaan lebih baik di Malaysia," sebut Das soal sindikat penyelundup.


Bangladesh diketahui menjadi rumah bagi nyaris 1 juta pengungsi Rohingya yang berasal dari Rakhine, Myanmar. Kebanyakan dari mereka melarikan diri dari operasi militer, yang oleh penyidik PBB disebut dilakukan dengan 'niat genosida'.

Otoritas Myanmar menyangkal tuduhan kekejaman pada Rohingya yang menghujaninya. Militer Myanmar bahkan menegaskan bahwa operasi di Rakhine bertujuan untuk memberantas terorisme.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed