detikNews
Senin 13 Mei 2019, 20:34 WIB

Tangkap 4 Perencana Teror, Malaysia Buru 3 Orang Lainnya Termasuk 1 WNI

Novi Christiastuti - detikNews
Tangkap 4 Perencana Teror, Malaysia Buru 3 Orang Lainnya Termasuk 1 WNI Ilustrasi (AFP PHOTO)
Kuala Lumpur - Kepolisian Malaysia mengumumkan pihaknya tengah memburu tiga orang termasuk satu warga negara Indonesia (WNI) terkait sel teror yang beraliansi dengan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang merencanakan serangan saat Ramadhan. Satu WNI yang diburu itu disebut bernama Fatir Tir.

"Kami masih berupaya mencari tiga orang lainnya terduga anggota (ISIS) yang diyakini menjadi bagian dari rencana untuk menyerang tempat-tempat ibadah non-muslim," sebut Inspektur Jenderal Kepolisian Malaysia, Abdul Hamid Bador, seperti dilansir Malay Mail dan kantor berita Bernama, Senin (13/5/2019).

Tiga orang yang tengah diburu kepolisian itu terdiri atas dua warga Malaysia dan satu WNI. Identitas ketiganya diungkapkan lebih lanjut oleh Abdul Hamid, sebagai Syazani Mahzan (27) dan Muhammad Nuurul Amin Azizan (27) yang warga Malaysia, dan Fatir Tir yang seorang WNI.


Syazani dan Muhammad Nuurul disebut berasal dari Bedong, Kedah. Sedangkan Fatir Tir yang berprofesi sebagai pekerja konstruksi di Malaysia, disebut tinggal di Banting, Selangor.

Ketiganya dicari polisi untuk membantu penyelidikan terkait empat tersangka, termasuk satu WNI berusia 49 tahun, yang ditangkap dalam penggerebekan di Kuala Lumpur dan Terengganu pada 5-7 Mei. Keempat tersangka yang tidak disebut namanya itu dicurigai merencanakan serangan teror dan pembunuhan saat Ramadhan. Keempatnya disebut sebagai anggota sel 'gerombolan serigala' dan beraliansi dengan ISIS.

Warga setempat yang memiliki informasi soal tiga orang yang sedang dicari polisi Malaysia itu, diimbau untuk melapor ke kantor polisi terdekat. Abdul Hamid memperingatkan bahwa siapa saja yang kedapatan menahan informasi soal tersangka atau berkonspirasi atau melindungi tersangka bisa dijerat hukum.


Lebih lanjut, Abdul Hamid menyebut pihak kepolisian juga tengah mencari satu anggota ISIS yang diyakini rutin berkomunikasi dengan tiga orang yang sedang diburu itu. Tidak disebut lebih lanjut identitas anggota ISIS yang tengah dicari polisi Malaysia itu.

"Kami berupaya mencari orang yang dihubungi oleh tiga tersangka ini di Suriah. Kami tahu dia dipanggil sebagai Akhil Sham atau Akhil Zainal. Kami belum yakin untuk saat ini, namun penyelidikan terus berlanjut," tandasnya.


(nvc/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed