detikNews
Jumat 10 Mei 2019, 17:45 WIB

Kim Jong-Un Perintahkan Militer Korut Tingkatkan Kemampuan Menyerang

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kim Jong-Un Perintahkan Militer Korut Tingkatkan Kemampuan Menyerang Pemimpin Korut Kim Jong-Un (Foto: Reuters)
Pyongyang - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un memerintahkan militer negara tersebut untuk meningkatkan kemampuan menyerang. Perintah ini dikeluarkan setelah dia mengawasi uji coba rudal dan roket yang kembali dilakukan negeri komunis itu.

"(Kim) menekankan perlunya untuk lebih meningkatkan kemampuan unit-unit pertahanan di area terdepan dan di front barat untuk melakukan tugas-tugas tempur dan mempertahankan kondisi siap tempur penuh untuk mengatasi keadaan darurat apa pun," demikian dilaporkan media resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA) hari ini seperti dilansir Reuters, Jumat (10/5/2019).

KCNA menambahkan bahwa Kim menekankan "perdamaian dan keamanan sejati negara hanya terjamin oleh kekuatan fisik yang kuat yang mampu mempertahankan kedaulatannya." Ditambahkan KCNA bahwa Kim "menetapkan tugas-tugas penting untuk lebih meningkatkan kemampuan menyerang."


Sebelumnya, kantor Kepala Staf Gabungan pada militer Korea Selatan (Korsel) menyatakan ada dua rudal yang ditembakkan Korut pada Kamis (9/5) sekitar pukul 16.29 waktu setempat dan pukul 16.49 waktu setempat.

Rudal-rudal itu terpantau ditembakkan dari area Kusong, Korut sebelah barat laut menuju ke arah timur negara tersebut. Peluncuran rudal oleh Korut ini menjadi aktivitas serupa kedua dalam sepekan terakhir.


Aktivitas Korut menembakkan dua rudal jarak pendek ini terjadi kurang dari satu pekan setelah Kim Jong-Un, mengawasi uji coba sistem persenjataan terbaru, yang terdiri dari sejumlah roket dan setidaknya satu rudal jarak pendek.

Uji coba pada Sabtu (4/5) lalu tersebut telah meningkatkan ketegangan di Semenanjung Korea, tepat saat kebuntuan tengah menyelimuti perundingan antara Korut dan AS.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed