detikNews
Selasa 07 Mei 2019, 17:45 WIB

5 Orang Tewas dan 233 Ditangkap dalam Aksi-aksi Demo di Venezuela

Rita Uli Hutapea - detikNews
5 Orang Tewas dan 233 Ditangkap dalam Aksi-aksi Demo di Venezuela Foto: andi saputra
Caracas - Sebanyak lima orang tewas dan 233 orang ditangkap dalam aksi-aksi demo yang terjadi usai percobaan kudeta militer terhadap Presiden Venezuela Nicolas Maduro pekan lalu.

"Semua kasus itu tengah diselidiki," kata Jaksa Agung Venezuela Tarek William Saab seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (7/5/2019).

Sebelumnya pada 30 April lalu, sejumlah kecil personel militer bergabung bersama pemimpin oposisi Juan Guaido di luar sebuah pangkalan udara di Caracas, ibu kota Venezuela, dan menyerukan mereka yang berada di dalam untuk ikut kudeta. Upaya kudeta itu dengan cepat digagalkan dan 25 tentara pemberontak mencari perlindungan di kedutaan Brasil.


Saab yang merupakan loyalis Presiden Nicolas Maduro, mengkonfirmasi bahwa 18 perintah penangkapan dikeluarkan terhadap "para perencana militer dan warga sipil." Namun Saab tidak menyebutkan identitas mereka.

Venezuela jatuh ke dalam krisis politik pada Januari lalu ketika ketua parlemen Guaido menantang kepemimpinan Maduro dengan memproklamirkan dirinya sebagai presiden. Krisis politik ini makin memperparah keadaan Venezuela yang dilanda krisis ekonomi hebat.


Menurut data PBB, Venezuela telah mengalami resesi yang telah berlangsung selama lima tahun dan telah menyebabkan lebih dari 2,7 juta orang mengungsi sejak tahun 2015.

Dari sekitar 30 juta warga Venezuela saat ini, PBB menyatakan bahwa hampir seperempatnya sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed