DetikNews
Senin 06 Mei 2019, 04:30 WIB

Istana Jawab Rumor Raja Thailand Pakai Boneka Kucing Saat Penobatan

Andhika Prasetia - detikNews
Istana Jawab Rumor Raja Thailand Pakai Boneka Kucing Saat Penobatan Raja Thailand Maha Vajiralongkorn dan seekor kucing siam saat prosesi upacara penobatan. (Foto: The Committee on Public Relations of the Coronation of King Rama X via REUTERS)
Bangkok - Foto seekor kucing dan seekor ayam saat prosesi upacara penobatan Raja Maha Vajiralongkorn dari Thailand ramai dibahas. Kedua hewan tersebut menjadi perdebatan apakah itu hewan sungguhan atau hanya boneka.

Keambiguan tersebut dibahas oleh netizen yang berada di Thailand. Salah seorang pengguna media sosial mempertanyakan keaslian kucing siam tersebut, apakah hidup atau tidak.


"Jadi, apakah kucing itu asli atau palsu?" tanya seorang pengguna Facebook bernama Niphawan Rakpontee sebagaimana dilansir Reuters, Senin (6/5/2019).

Pengguna lain bernama Krittaya Parichayanan mengatakan, "Ini kucing sungguhan, bukan?"

"Ini mungkin boneka kucing," kata pengguna Prapaporn Tongprasan.


Mengenai isu yang beredar, pihak Istana Kerajaan Thailand angkat bicara. Istana menyebut, semestinya warga tidak terfokus apakah kucing dan ayam yang dipakai saat penobatan Raja Thailand asli atau tidak.

"Upacara kerajaan mengharuskan penggunaan ayam dan kucing. Seharusnya tidak menjadi fokus apakah hewan itu nyata atau tidak, tetapi ritual itu sendiri yang penting," ujar salah seorang pejabat Istana Kerajaan Thailand kepada Reuters.

Untuk diketahui, Raja Vajiralongkorn naik takhta menjadi Raja Thailand setelah wafatnya sang ayah, Raja Bhumibol Adulyadej, tahun 2016 lalu. Dia bergelar Raja Rama X dan merupakan anggota ke-10 dari Dinasti Chakri, yang menguasai Thailand sejak Raja Rama I bertakhta tahun 1782 silam.

Usai wafatnya sang ayah, Raja Vajiralongkorn meminta waktu untuk berkabung sebelum dinobatkan secara resmi. Dia telah menerima takhta sejak 1 Desember 2016, namun penobatan resminya baru digelar pada Sabtu (4/5) nanti, dengan perayaan yang akan digelar hingga Senin (6/5).



Tonton juga video Raja Thailand Nikahi Pengawal Pribadinya dan Beri Gelar Ratu:

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/zap)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed