detikNews
Kamis 02 Mei 2019, 00:35 WIB

Polisi Sri Lanka Umumkan Nama 9 Orang Terlibat Serangan Bom Paskah

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Polisi Sri Lanka Umumkan Nama 9 Orang Terlibat Serangan Bom Paskah Foto: Reuters
Kolombo - Polisi Sri Lanka mengumumkan nama-nama sembilan orang yang terlibat dalam bom bunuh diri di Hari Paskah yang menewaskan 253 orang. Pemimpin kelompok pemboman tersebut adalah Zahran Hashim.

Hashim mengepalai Jamaah Thowheeth Nasional (NTJ) yang telah dilarang di Sri Lanka. Hashim mengebom hotel Shangri-La pada saat peristiwa teror itu terjadi.

Juru bicara kepolisian Sri Lanka Ruwan Gunasekera mengatakan akan melakukan pencegahan hukum pendanaan teroris. Salah satunya dengan melakukan penyitaan properti yang dimiliki oleh para teroris.

"Kami akan menggunakan pencegahan hukum pendanaan teroris untuk menyita properti mereka," kata Gunasekera seperti dilansir AFP, Kamis (2/5/2019).

Kemudian ada Inshaf Ahmed yang mengebom hotel Cinnamon Grand. Hotel ketiga yang menjadi sasaran adalah Kingsbury yang dibom oleh seorang pria yang diidentifikasi sebagai Mohamed Azzam Mubarak Mohamed.

"Istrinya sekarang ditahan polisi," sebut Gunasekera.

Sedangkan Gereja St. Anthony menjadi sasaran oleh seorang penduduk lokal bernama Ahmed Muaz. Lalu, pelaku bom di St. Sebastian adalah Mohamed Hasthun, seorang penduduk dari timur pulau tempat Hashim bermarkas.

Ada pula Gereja Sion Kristen di distrik timur Batticaloa dihantam oleh seorang penduduk setempat, Mohamed Nasser Mohamed Asad. Polisi juga menangkap Abdul Latheef yang gagal meledakkan bom di sebuah hotel de luxe, tetapi mengancam dengan bahan peledaknya di sebuah wisma di dekat ibukota.

Tak lama setelah serangan bom hotel, Fathima Ilham meledakkan bahan peledak yang diikat pada dirinya sendiri. Membunuh dua anak dan tiga petugas polisi yang bergegas ke rumah keluarga di Kolombo.


Simak Juga "Bom Sri Lanka adalah Pelampiasan Kekalahan ISIS":

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com