DetikNews
Selasa 23 April 2019, 16:59 WIB

Korut Konfirmasi Kim Jong-Un 'Segera' Bertemu Putin di Rusia

Novi Christiastuti - detikNews
Korut Konfirmasi Kim Jong-Un Segera Bertemu Putin di Rusia Kim Jong-Un (KCNA via REUTERS)
Pyongyang - Otoritas Korea Utara (Korut) menyatakan pemimpin mereka, Kim Jong-Un, akan segera berkunjung ke Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin. Hal ini memberikan konfirmasi atas pengumuman yang sebelumnya disampaikan Kremlin atau Istana Kepresidenan Rusia.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Selasa (23/4/2019), kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan bahwa kunjungan ke Rusia itu atas undangan Putin. KCNA tidak menyebut lebih lanjut waktu dan tempat pertemuan.

"(Kim Jong-Un) Akan segera melakukan kunjungan ke Federasi Rusia atas undangan (Putin)," demikian laporan terbaru KCNA.

"Mereka akan melakukan pembicaraan selama kunjungan," imbuh KCNA singkat.


Surat kabar Rusia, Kommersant, sebelumnya melaporkan bahwa kunjungan Kim Jong-Un ke Rusia dijadwalkan pada 25 April. Kommersant juga menyebut bahwa pertemuan Kim Jong-Un dan Putin akan digelar di Vladivostok. Dalam laporannya, Kommersant mengutip dua sumber yang memahami proses persiapan kunjungan Kim Jong-Un.

Belum ada komentar terbaru dari Kremlin soal laporan Kommersant tersebut. Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, pada Senin (22/4) waktu setempat, menyatakan bahwa Putin dan Kim Jong-Un akan bertemu pada akhir April.

Secara terpisah, laporan kantor berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap News Agency, menyebut bahwa Kim Chang-Son yang merupakan kepala staf Kim Jong-Un terlihat ada di Vladivostok pada Minggu (21/4) waktu setempat.

Sementara NK News, kelompok yang memantau isu-isu Korut, merilis foto-foto pada situsnya pada Senin (22/4) yang menunjukkan persiapan sedang dilakukan di Far Eastern Federal University di Vladivostok, yang kemungkinan besar akan menjadi lokasi pertemuan. Foto-foto itu menunjukkan para pekerja sedang memasang bendera nasional Rusia dan Korut.


Pertemuan Kim Jong-Un dan Putin ini akan menjadi yang pertama antara pemimpin Korut dan Rusia dalam delapan tahun terakhir. Terakhir kali, mendiang Kim Jong-Il, ayah Kim Jong-Un, bertemu Presiden Dmitry Medvedev tahun 2011.

Rusia diketahui memiliki hubungan hangat dengan Korut, bahkan terkadang memberikan bantuan pangan. Putin sendiri telah sejak lama menyatakan kesiapannya untuk bertemu pemimpin Korut.


(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed