DetikNews
Selasa 16 April 2019, 07:35 WIB

Petugas Damkar Prancis Berhasil Selamatkan Artefak Berharga Gereja Notre Dame

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Petugas Damkar Prancis Berhasil Selamatkan Artefak Berharga Gereja Notre Dame Foto: Gereja Notre Dame Paris (REUTERS/Benoit Tessier)
FOKUS BERITA: Kebakaran Notre Dame
Paris - Petugas pemadam kebakaran Prancis berhasil menyelamatkan struktur bangunan Gereja Katedral Notre Dame dari kehancuran pasca dilalap api. Tak hanya itu, petugas juga berhasil menyelamatkan beberapa artefak yang tak ternilai dengan bergegas masuk ke dalam gereja.

Dua artefak yang diselamatkan di antaranya Mahkota Suci Duri dan tunik suci yang dikenakan raja Prancis abad ke-13 Louis. Dua artefak tak tergantikan itu berhasil diselamatkan saat api masih berkobar di gereja.

"Petugas pemadam kebakaran juga bekerja untuk melindungi bagian belakang gedung di mana artefak paling berharga berada," ujar Kepala Dinas pemadam kebakaran Paris Jean-Claude Gallet kepada wartawan di lokasi kejadian, seperti dikutip dari AFP, Selasa (16/4/2019).



Gallet menjelaskan, pasca runtuhnya atap gereja, operasi pemadaman difokuskan untuk menahan inferno dan mencegah api menyebar ke dua menara gereja di fasad barat. Petugas pemadam kebakaran terus berjuang untuk mencegah menara ikut runtuh karena dilalap api yang terus membesar. di tengah kobaran api yang semakin membesar. Seorang petugas pemadam kebakaran dilaporkan terluka parah.

"Sekarang kami yakin bahwa dua menara di Notre Dame telah diselamatkan dan dilestarikan," ujar Kepala petugas kebakaran Paris, Jean Claude Gallet, seperti dilansir Reuters.



Gereja Notre Dame terbakar pada Senin (15/4) sore waktu setempat. 400 petugas pemadam kebakaran telah diterjunkan untuk memadamkan gereja yang dibangun pada abad 12 itu.


Tonton top video saat Gereja Katedral Notre Dame diamuk api berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]


(mae/zap)
FOKUS BERITA: Kebakaran Notre Dame
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed