DetikNews
Jumat 12 April 2019, 19:18 WIB

Kereta Kargo Anjlok dan Tabrak Rumah di China, 6 Orang Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Kereta Kargo Anjlok dan Tabrak Rumah di China, 6 Orang Tewas Foto dari udara yang menunjukkan lokasi kecelakaan kereta kargo di Gongyi, China (STR/AFP)
Beijing - Sebuah rangkaian kereta kargo di China anjlok dari rel dan menabrak sebuah rumah warga. Nahas, sedikitnya enam orang tewas dalam kecelakaan maut ini.

Seperti dilansir AFP, Jumat (12/4/2019), rangkaian kereta kargo yang membawa muatan bijih aluminium itu anjlok dari rel saat melaju dengan kecepatan tinggi. Rangkaian kereta kargo yang anjlok ini dilaporkan terdiri atas 25 gerbong.

Otoritas setempat menyebut rangkaian kereta kargo ini anjlok saat melewati sebuah persimpangan rel (wesel). Usai anjlok, kereta terguling dan akhirnya menabrak sebuah rumah warga di wilayah Gongyi, Provinsi Henan.


Kecelakaan maut ini terjadi pada Rabu (10/4) malam, sekitar pukul 22.00 waktu setempat. Namun otoritas lokal di Gongyi baru mengungkapkan ke publik pada Jumat (12/4) waktu setempat.

Operasi pencarian dan penyelamatan yang dimulai sejak Rabu (10/4) lalu, telah diakhiri pada Jumat (12/4) pagi waktu setempat.

Sedikitnya enam korban tewas telah ditemukan jenazahnya oleh petugas penyelamat dan dievakuasi dari lokasi kecelakaan. Korban tewas terdiri atas empat awak kereta kargo dan dua warga desa setempat, yang rumahnya ditabrak rangkaian kereta ini.


Upaya penyelamatan dipersulit oleh gerbong akomodasi awak kereta dan 14 gerbong pertama yang terguling dan saling tumpang-tindih, sehingga mempersulit evakuasi. Gerbong-gerbong yang terguling itu juga dipenuhi sejumlah besar timbunan bijih aluminium yang semakin mempersulit situasi.

Rangkaian kereta kargo yang mengalami kecelakaan ini dimiliki oleh Chalco, produsen aluminium terbesar milik negara di China. Setiap gerbong disebut membawa muatan 60 ton bijih aluminium.

Penyebab anjloknya rangkaian kereta kargo ini masih dalam penyelidikan otoritas setempat.


(nvc/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed