DetikNews
Jumat 12 April 2019, 02:00 WIB

Penampakan Julian Assange yang Ditangkap di London

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Penampakan Julian Assange yang Ditangkap di London Founder WikiLeaks Julian Assange saat diamankan di London. (Foto: REUTERS/Peter Nicholls)
London - Kepolisian Inggris menangkap pendiri WikiLeaks, Julian Assange di Kedutaan Ekuador di London. Ia ditangkap setelah pemerintah Ekuador mencabut suaka politiknya.

Dilansir dari Reuters, Jumat (12/4/2019), tampak Assange membiarkan kumis dan janggut tumbuh di wajahnya. Ia juga mengenakan jaket berwarna hitam saat ditangkap di London.

Pria Australia berumur 47 tahun itu akan dihadirkan di pengadilan pada Kamis waktu London. Dia menghadapi tuntutan atas pelanggaran syarat-syarat pembebasan dengan jaminannya di Inggris pada tahun 2012.


Pengacara Assange di Quito, Carlos Poveda, mengatakan kepada wartawan bahwa suaka diberhentikan sebagai balasan atas tuduhan korupsi terhadap Presiden Lenin Moreno dan bahwa hidupnya akan dalam bahaya jika dia diekstradisi ke Amerika Serikat.

Assange ditawari pada 2012 oleh presiden Ekuador Rafael Correa, tetapi hubungannya dengan Ekuador memburuk di bawah Moreno, yang mengatakan Assange melanggar persyaratan suaka.


Moreno marah setelah foto-foto pribadi bertahun-tahun tentang dia dan keluarganya diambil ketika mereka tinggal di Eropa beredar di media sosial. Pemerintahnya mengatakan yakin foto-foto itu dibagikan oleh WikiLeaks.

"Pada saat keputusan untuk menyelesaikan suaka dibuat, hanya ada satu kasus di Inggris karena melanggar persyaratan jaminannya pada 2012," kata Menlu Ekuador Jose Valencia.



Tonton juga video Julian Assange Pendiri Wikileaks Ditangkap:

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed