DetikNews
Rabu 10 April 2019, 17:14 WIB

Dicurigai Danai Hamas, Kantor 2 Organisasi Islam di Jerman Digerebek

Novi Christiastuti - detikNews
Dicurigai Danai Hamas, Kantor 2 Organisasi Islam di Jerman Digerebek Ilustrasi (Photo by Ronny Hartmann/AFP)
Berlin - Kepolisian Jerman menggerebek sejumlah kantor milik organisasi-organisasi Islam yang dicurigai mendanai kelompok militan Hamas yang menguasai Gaza. Diketahui bahwa Hamas masuk dalam daftar oteroris yang ditetapkan Uni Eropa.

Kementerian Dalam Negeri Jerman menyatakan seperti dilansir Reuters, Rabu (10/4/2019), dua organisasi Islam bernama WorldWide Resistance-Help dan Ansaar International menjadi target utama dalam penggerebekan pada Rabu (10/4) waktu setempat.

Kementerian Dalam Negeri Jerman meyakini dua organisasi itu menggalang dana untuk Hamas dengan dalih bantuan kemanusiaan.


Dalam situs-situs mereka, kedua organisasi itu menyatakan mereka mengumpulkan donasi untuk warga Gaza, Somalia, Suriah dan beberapa negara lainnya.

"Siapa saja yang mendukung Hamas dengan dalih bantuan kemanusiaan, telah mengabaikan nilai-nilai mendasar pada konstitusi kita dan mendiskreditkan komitmen dari banyak organisasi kemanusiaan," sebut Menteri Dalam Negeri Jerman, Horst Seehofer, dalam pernyataannya.

Ditambahkan Kementerian Dalam Negeri Jerman bahwa dua organisasi itu juga mendukung Hamas melalui kampanye-kampanye propaganda.


Diketahui bahwa lebih dari 2 juta warga Palestina hidup secara memprihatinkan di Gaza yang diblokade Israel. Tahun 2005, Israel menarik mundur tentara dan para pemukim Yahudi dari Gaza, namun menjaga ketat perbatasan darat dan laut.

Selain Israel, Mesir yang berbatasan langsung dengan Gaza juga memberlakukan pembatasan pergerakan keluar-masuk Gaza.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed