detikNews
Rabu 03 April 2019, 11:34 WIB

Pertama Kali, Wanita Gay Kulit Hitam Terpilih Jadi Wali Kota Chicago

Rita Uli Hutapea - detikNews
Pertama Kali, Wanita Gay Kulit Hitam Terpilih Jadi Wali Kota Chicago Lori Lightfoot (Foto: AP)
Chicago - Untuk pertama kalinya, warga Chicago, Amerika Serikat memilih seorang perempuan gay berkulit hitam sebagai wali kota di kota terbesar ketiga di Amerika Serikat itu.

Dialah Lori Lightfoot, perempuan berumur 56 tahun, seorang mantan jaksa federal dan praktisi pengacara yang belum pernah memegang jabatan politik sebelumnya. Secara telak, dia mengalahkan Toni Preckwinkle, yang juga seorang perempuan berkulit hitam, dengan margin lebar yakni 74 persen suara untuk Lightfoot dan 26 persen suara untuk Preckwinkle.


Dengan kemenangannya ini, Lightfoot akan menjadi wali kota Chicago pertama yang secara terbuka menyatakan dirinya sebagai seorang gay dan perempuan Afrika-Amerika pertama yang memegang jabatan tersebut. Terhitung sejak tahun 1837, para pemilih Chicago hanya pernah memilih satu wali kota berkulit hitam dan satu wali kota perempuan.

"Orang-orang berharap akan datang sesuatu yang berbeda. Untuk menjadi kapal bagi itu sangatlah luar biasa," ujar Lightfoot kepada wartawan setelah pemilihan dimulai seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (3/4/2019).


Dilaporkan bahwa para pemilih Chicago memilih perempuan itu dengan harapan dia akan bisa mengatasi masalah kesenjangan ekonomi dan kekerasan senjata api di kota berpenduduk sekitar 2,7 juta jiwa tersebut.

Lebih dari 550 orang tewas di Chicago tahun lalu akibat kekerasan geng yang dipicu oleh perdagangan narkoba -- kebanyakan di lingkungan mayoritas Afrika-Amerika dan diterpa kesulitan ekonomi.


Simak Juga "India Hapus Larangan LGBT":

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com