detikNews
Jumat 29 Maret 2019, 14:43 WIB

Surat Tulisan Tangan Einstein Dilelang Rp 1,8 M, Isinya Mengutuk Hitler

Novi Christiastuti - detikNews
Surat Tulisan Tangan Einstein Dilelang Rp 1,8 M, Isinya Mengutuk Hitler Surat Einstein mengecam kekejaman Hitler (Nate D Sanders Auctions via CNN)
California - Surat tulisan tangan Albert Einstein yang isinya mengutuk kekejaman Adolf Hitler terhadap warga Yahudi saat Holocaust dilelang. Surat yang memberi gambaran bagaimana salah satu pemikir jenius paling diakui dunia ini memandang Holocaust, laku terjual seharga US$ 134.344 atau setara Rp 1,8 miliar.

Seperti dilansir CNN, Jumat (29/3/2019), setidaknya ada tiga surat yang ditulis Einstein tahun 1921 hingga tahun 1939 silam yang menunjukkan bagaimana dia memandang naiknya kekuasaan Hitler di Jerman dan melihat perlawanan warga Yahudi menghadapi kekejaman Hitler.

Diketahui bahwa Einstein merupakan seorang fisikawan Yahudi kelahiran Jerman.


Dalam salah satu suratnya kepada saudara perempuannya, Maja Winteler-Einstein, tahun 1921, menurut juru bicara rumah lelang Nate D Sanders, Einstein menyinggung Holocaust dengan menyatakan dirinya menolak undangan ke Munich demi nyawanya. Einstein juga menyoroti gelombang anti-Semitisme di Munich.

Satu surat lainnya yang ditulis Einstein tahun 1934 dan dikirimkan ke istri pertamanya, membahas pengiriman uang untuk pengasuhan putranya yang menderita skizofrenia. Dalam surat itu, Einstein menyebut dirinya sudah menahan diri 'dalam cara paling ekstrem' agar bisa selamat.

"Semua ini akibat kegilaan Hitler, yang sepenuhnya telah merusak banyak nyawa di sekitarku..." demikian tulis Einstein dalam suratnya, menurut terjemahan rumah lelang Nate D Sanders.

"Kekuatan perlawanan yang memampukan warga Yahudi untuk selamat selama ribuan tahun sebagian besar didasarkan pada tradisi sikap saling membantu," imbuh Einstein dalam suratnya.

Surat Einstein yang isinya mengecam kekejaman HitlerSurat Einstein yang isinya mengecam kekejaman Hitler Foto: Nate D Sanders Auctions

Isu yang sama dibahas Einstein dalam suratnya yang ditulis tahun 1939 ditujukan kepada Dr Maurice Lenz. Surat itu ditulis saat persekusi terhadap Yahudi tengah berlangsung dan tiga bulan sebelum pecahnya Perang Dunia II.

"Kita tidak punya cara lain untuk membela diri selain dengan solidaritas dan pengetahuan kita bahwa penyebab kita menderita adalah penyebab yang penting dan suci," tulis Einstein dalam suratnya merujuk Holocaust.

Proses lelang terhadap surat-surat Einstein itu dimulai pada angka US$ 12 ribu. Setelah menerima 23 kali tawaran, surat Einstein itu terjual seharga US$ 134.344 atau setara Rp 1,8 miliar.


Diperkirakan enam juta warga Yahudi tewas di tangan Nazi dan sekutunya saat Holocaust. Disebutkan Nate D Sanders bahwa Einstein saat itu melakukan upaya-upaya untuk menyelamatkan warga Yahudi di Eropa. Pada tahun 1933 ketika Hitler menjadi pemimpin Jerman, Einstein menanggalkan kewarganegaraan Jerman yang disandangnya dan pindah ke Amerika Serikat.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com