DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 19:17 WIB

Narkoba dan Ponsel Diselundupkan Pakai Bangkai Tikus ke Penjara Inggris

Novi Christiastuti - detikNews
Narkoba dan Ponsel Diselundupkan Pakai Bangkai Tikus ke Penjara Inggris Narkoba dan ponsel diselundupkan ke penjara Inggris dengan bangkai tikus (UK Ministry of Justice via CNN)
London - Otoritas Inggris membongkar praktik penyelundupan narkoba dan telepon genggam ke dalam sebuah penjara setempat dengan menggunakan bangkai tikus. Kok bisa?

Seperti dilansir CNN, Selasa (26/3/2019), temuan praktik penyelundupan dengan bangkai tikus ini diungkapkan oleh Kementerian Kehakiman Inggris dalam pernyataannya. Temuan ini didapat di dalam sebuah penjara bernama HMP Guys Marsh di Dorset, Inggris bagian barat daya.


Dituturkan Kementerian Kehakiman Inggris bahwa sedikitnya tiga bangkai tikus ditemukan di dalam penjara tersebut dan disadari oleh petugas patroli keamanan penjara bahwa terdapat jahitan di bagian perut bangkai-bangkai tikus itu.

Setelah bagian perut bangkai tikus itu dibedah, petugas menemukan bahwa isi perut tikus itu sudah dibuang dan diganti dengan narkoba, telepon genggam, charger dan kartu SIM.

Terdapat jahitan di sepanjang perut bangkai tikus yang ditemukanTerdapat jahitan di sepanjang perut bangkai tikus yang ditemukan Foto: UK Ministry of Justice via CNN

Praktik penyelundupan barang-barang terlarang ke dalam penjara sebelumnya diketahui menggunakan burung merpati dan bola tenis. Kementerian Kehakiman Inggris menyebut penggunaan bangkai tikus ini merupakan pengembangan baru.

Total lima telepon genggam dan charger, tiga kartu SIM, kertas rokok, tembakau dan narkoba jenis ganja dan spice telah disita. Spice yang kerap disebut 'mariyuana sintetis' merupakan jenis cannabinoid sintetis yang mengandung zat-zat kimia yang mirip dengan THC, kandungan aktif dalam mariyuana.

Spice yang dijual dengan banyak merek ini disebut lebih kuat daripada mariyuana dan lebih memiliki efek samping yang serius. Penggunaan narkoba jenis ini, yang dikaitkan dengan kematian dan pendarahan parah di Amerika Serikat, sedang menjadi masalah berkembang di Inggris.


Otoritas terkait meyakini bangkai-bangkai tikus itu dilemparkan ke dalam kompleks atau halaman penjara oleh para pelaku kriminal di luar dan akan diambil oleh seorang narapidana di dalam. Barang-barang di dalam bangkai tikus itu kemudian dijual ke narapidana lainnya.

"Temuan ini menunjukkan seberapa jauh para kriminal bertindak untuk menyelundupkan narkoba ke dalam penjara dan menggarisbawahi mengapa kinerja kita untuk meningkatkan keamanan sangat penting," sebut Menteri Urusan Penjara, Rory Stewart.

Narkoba dan ponsel diselundupkan ke penjara Inggris dengan bangkai tikusNarkoba dan ponsel diselundupkan ke penjara Inggris dengan bangkai tikus Foto: UK Ministry of Justice via CNN

"Narkoba dan telepon genggam di dalam penjara menempatkan para tahanan, sipir penjara dan publik dalam bahaya. Dengan memperketat keamanan dan penggeledahan, kita bisa memastikan penjara-penjara sebagai tempat rehabilitasi yang akan mencegah terjadinya pelanggaran hukum kembali menjaga publik tetap aman," imbuhnya.

Kepolisian Inggris tengah bekerja sama dengan otoritas penjara setempat untuk mengidentifikasi para pelaku di balik penyelundupan ini.


Simak Juga '100 Kg Narkoba Disembunyikan di Boks Ikan':

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed