DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 16:20 WIB

Tujuannya Jerman, Pesawat British Airways Salah Terbang ke Skotlandia!

Novi Christiastuti - detikNews
Tujuannya Jerman, Pesawat British Airways Salah Terbang ke Skotlandia! Ilustasi (BBC Magazine)
London - Sebuah pesawat maskapai Inggris, British Airways, kedapatan terbang dan mendarat di tujuan yang salah. Pesawat yang lepas landas dari London, Inggris ini seharusnya terbang ke Dusseldorf, Jerman tapi malah mengudara ke Edinburgh, Skotlandia. Kok bisa?

Seperti dilansir AFP dan CNN, Selasa (26/3/2019), para penumpang baru menyadari adanya kesalahan saat pilot mengumumkan pesawat akan segera mendarat di Edinburgh, yang berjarak 800 kilometer dari Dusseldorf. Insiden yang terjadi pada Senin (25/3) waktu setempat ini membuat para penumpang kaget.

Setelah para awak pesawat menyadari adanya kesalahan, pesawat ini mengisi bahan bakar dan melanjutkan penerbangan ke Dusseldorf. Pesawat akhirnya mendarat di Jerman dengan penundaan lebih dari 3,5 jam.

Kesalahan tampaknya dipicu oleh rencana penerbangan yang salah, sehingga membuat pilot dan awak kabin meyakini penerbangan ini menuju Edinburgh.


Pesawat ini diketahui dioperasikan oleh perusahaan leasing Jerman, WDL Aviation, atas nama BA Cityflyer, anak maskapai British Airways. Rencana penerbangan yang tidak benar itu diajukan di kantor WDL Aviation di Jerman.

Maskapai British Airways menyatakan pihaknya tengah menyelidiki lebih lanjut insiden ini. "Kami tengah bekerja bersama WDL Aviation yang mengoperasikan penerbangan ini atas nama British Airways, untuk mencari tahu mengapa rencana penerbangan yang tidak benar diajukan," sebut juru bicara British Airways itu.

"Kami meminta maaf kepada para konsumen atas gangguan perjalanan ini dan akan menghubungi mereka semua secara individu," imbuhnya.


Pihak WDL Aviation dalam pernyataannya menyebut insiden ini sebagai 'kekacauan jadwal penerbangan yang sangat disayangkan'.

"Kami bekerja secara saksama dengan otoritas terkait untuk menyelidiki bagaimana kekacauan jadwal penerbangan yang sangat disayangkan ini bisa terjadi. Tidak pernah keselamatan para penumpang menjadi kompromi. Kami menerbangkan para penumpang dengan penerbangan nomor BA3271 ke Dusseldorf setelah secara tak sengaja singgah di Edinburgh," demikian pernyataan WDL Aviation.

Salah satu penumpang, Son Tran, menyebut insiden ini menarik. "Sementara ini sebuah konsep menarik, saya pikir tidak ada satu orang pun di dalam pesawat yang mengira akan mendapatkan lotre perjalanan penuh misteri ini," ucapnya.

Penumpang lainnya, Sophie Cooke, menuturkan kepada BBC bahwa penantian di Edinburgh membuatnya 'frustrasi'. "Toiletnya ditutup dan mereka kehabisan makanan ringan. Situasinya juga sangat pengap," cetusnya.


Simak Juga 'AS Pertanyakan Sertifikasi Laik Terbang Boeing 737 Max 8':

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed