DetikNews
Senin 25 Maret 2019, 16:49 WIB

Dinyatakan Kalah Total, di Mana Pemimpin ISIS al-Baghdadi?

Rita Uli Hutapea - detikNews
Dinyatakan Kalah Total, di Mana Pemimpin ISIS al-Baghdadi? Abu Bakr al-Baghdadi (Foto: AFP)
Damaskus - Kelompok radikal ISIS telah kehilangan seluruh wilayah yang pernah dikuasainya di Irak dan Suriah. Namun di mana pemimpin kekhalifahan ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi?

Dengan hadiah uang US$ 25 juta untuk penangkapan Baghdadi, dia menjadi buronan nomor satu di dunia. Pemimpin ISIS itu dianggap bertanggung jawab atas rentetan kekejian yang dilakukan kelompoknya, termasuk serangan-serangan teror di berbagai benua dan di jantung Eropa.

Beberapa tahun terakhir, muncul sejumlah klaim yang tak bisa dikonfirmasi mengenai tewasnya Baghdadi, namun keberadaannya masih misterius. Dia hanya sekali muncul di depan publik yakni pada tahun 2014 saat mengumumkan "kekhalifahan" ISIS di Masjid Nuri Mosul, Irak.

Sejak itu, banyak orang kepercayaannya yang tewas, sebagian besar dalam serangan-serangan udara koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat.


Dia termasuk di antara segelintir komandan senior ISIS yang masih berkeliaran setelah dua tahun berturut-turut mengalami kekalahan di medan tempur. Kekalahan demi kekalahan itu menyebabkan "kekhalifahan" ISIS menyusut dari yang sebelumnya sebesar wilayah Inggris menjadi wilayah kecil di lembah Sungai Eufrat.

Para pakar pemerintah AS meyakini bahwa dia masih hidup dan kemungkinan bersembunyi di Irak. Hal senada disampaikan pejabat militer Inggris, Mayor Jenderal Chris Ghika, yang menjadi wakil komandan pasukan koalisi anti-ISIS di Suriah dan Irak.

"Saya tidak tahu di mana Baghdadi, jika saya tahu di mana dia, saya akan melakukan sesuatu tentang itu. Saya pikir dia mungkin di Irak atau Suriah, dia mungkin ada di luar wilayah itu," kata Mayor Jenderal Chris Ghika, wakil komandan pasukan koalisi anti-ISIS di Suriah dan Irak seperti dilansir media Inggris, Independent, Senin (25/3/2019).


Sementara itu, juru bicara Pasukan Demokratik Suriah (SDF), Mustafa Bali mengatakan bahwa ketika pasukannya menyerang benteng terakhir ISIS di Suriah, mereka tidak menemukan tanda-tanda Baghdadi ada di sana.

Lantas di mana dia? Entahlah!


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed