DetikNews
Sabtu 23 Maret 2019, 17:30 WIB

Ibu Korban Teror Masjid New Zealand Meninggal Usai Hadiri Pemakaman

Novi Christiastuti - detikNews
Ibu Korban Teror Masjid New Zealand Meninggal Usai Hadiri Pemakaman Masjid Al Noor di Christchurch yang menjadi salah satu lokasi teror mematikan (REUTERS/SNPA/Martin Hunter)
Wellington - Ibunda salah satu korban tewas dalam aksi teror dua masjid di Chirstchurch, New Zealand, meninggal dunia setelah menghadiri pemakaman putranya. Wanita asal Palestina ini dilaporkan meninggal karena serangan jantung.

Seperti dilansir New Zealand Herald, Sabtu (23/3/2019), wanita yang meninggal dunia di Christchurch itu diketahui bernama Saud Abdelfattah Mhaisen Adwan (65) yang baru saja datang dari Yordania, tempat tinggalnya. Dia merupakan ibunda Kamel Darwish (38) yang tewas dalam penembakan di Masjid Al Noor, 15 Maret lalu.

Darwish diketahui datang ke New Zealand dari Yordania tahun 2018 lalu untuk bergabung dengan kakak laki-lakinya. Di Christchurch, Darwish menjadi pekerja peternakan pemerahan sapi dan merupakan ayah dari tiga anak yang masih kecil. Istri dan anak-anak Darwish telah mengajukan visa untuk bergabung dengannya.


Seorang pejabat dari Kedutaan Yordania di Sydney, Australia menyatakan ibunda Darwish meninggal dunia akibat serangan jantung pada Sabtu (23/3) ini.

"Dia (Adwan) datang kemarin (22/3) untuk menghadiri pemakaman (Darwish). Tampaknya pagi ini tidak meninggal dunia karena tidak bisa menahan penderitaan dan kesedihan karena kehilangan putranya," tutur sahabat keluarga Adwan, Yaser Mohammad.

Adwan memiliki satu anak laki-laki lainnya yang juga tinggal di Christchurch. "Mereka berencana membawa jenazahnya kembali ke Yordania," sebut Yaser.

Adwan menjadi salah satu dari beberapa keluarga korban teror masjid di Christchurch yang mengalami serangan jantung dalam beberapa hari terakhir. Sebelumnya, Mohsin Al-Harbi (61) yang berasal dari Arab Saudi berhasil selamat dari aksi teror di Christchurch, namun dia akhirnya meninggal dunia saat dirawat di rumah sakit.


Istrinya, Manai, yang sangat tertekan saat mencari keberadaan Al-Harbi, tumbang usai mengalami serangan jantung dan dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi kritis.

Sazada Akhter mengalami luka serius setelah terkena dua tembakan di Masjid Al Noor. Ibundanya yang ada di Bangladesh, mengalami serangan jantung saat mengetahui peristiwa yang dialami putrinya di Christchurch. Sang ibunda pun kini harus dirawat di rumah sakit setempat.

Satu orang lainnya tidak mengalami serangan jantung, namun meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan usai membantu keluarga korban teror di Christchurch. Pria bernama Mohamed Elmi (49) itu meninggal dalam kecelakaan di dekat Palmerston pada Rabu (20/3) lalu.

Sedikitnya 50 korban tewas dalam teror di Masjid Al Noor dan Masjid Linwood di Christchurch telah selesai diidentifikasi dan jenazahnya telah diserahkan kepada keluarga masing-masing. Pemakaman jenazah korban digelar secara bertahap beberapa hari terakhir.



Tonton juga video Erdogan: PM New Zealand Jadi Contoh Pemimpin Dunia:

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed