DetikNews
Rabu 20 Maret 2019, 12:47 WIB

Diduga Bunuh Tentara dan Rabi Israel, Pria Palestina Ditembak Mati

Rita Uli Hutapea - detikNews
Diduga Bunuh Tentara dan Rabi Israel, Pria Palestina Ditembak Mati Foto: AFP
Tepi Barat - Pasukan Israel menembak mati seorang warga Palestina yang diduga membunuh seorang rabi dan seorang tentara Israel di wilayah Tepi Barat.

Badan keamanan internal Israel, Shin Bet menyatakan, para tentara, polisi dan petugas keamanan mengepung sebuah bangunan di desa Abwein, Tepi Barat, sebelah utara kota Ramallah pada Selasa (19/3) waktu setempat. Di dalam bangunan itu, tersangka Omar Amin Abu Laila tengah bersembunyi.

"Penyerang melepas tembakan ke pasukan kami dan dia tewas dalam baku tembak," demikian pernyataan Shin Bet seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (20/3/2019). Disebutkan bahwa tak ada personel Israel yang terluka dalam baku tembak itu.


Sebelumnya dalam serangan-serangan pada Minggu (17/3) waktu setempat, di dekat permukiman Israel, Ariel, seorang pria Palestina menikam hingga tewas tentara Israel, Gal Keidan (19) dan mencuri senjata apinya. Militer Israel mengidentifikasi pelaku sebagai warga Palestina bernama Omar Amin Abu Laila. Abu Laila juga menyebabkan seorang tentara Israel lainnya mengalami luka serius.

Pria Palestina itu kemudian menembaki para pengendara Israel, hingga mengenai seorang rabi berumur 47 tahun, Ahiad Ettinger, warga permukiman Eli. Rabi tersebut kemudian meninggal akibat luka-lukanya. Menurut keluarga rabi tersebut, sang rabi sempat melepas tembakan ke penyerangnya, namun pelaku berhasil kabur.


Shin Bet menyatakan, tersangka akhirnya ditemukan setelah aktivitas intelijen intensif dan operasional oleh para agennya, militer dan unit antiteror kepolisian.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu langsung memberikan pujian atas operasi pasukan keamanan Israel pada Selasa (19/3) waktu setempat.
"Saya mengucapkan selamat kepada (mereka) atas tindakan cepat yang menyebabkan tersingkirnya teroris tercela," ujarnya.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed