detikNews
Selasa 12 Maret 2019, 14:37 WIB

Malaysia Mungkin Tinjau Kembali Pembelian 25 Pesawat Boeing 737 MAX 8

Rita Uli Hutapea - detikNews
Malaysia Mungkin Tinjau Kembali Pembelian 25 Pesawat Boeing 737 MAX 8 Foto: ABC Australia
FOKUS BERITA: Ethiopian Airlines Jatuh
Kuala Lumpur - Pemerintah Malaysia mungkin harus meninjau kembali pembelian 25 unit pesawat Boeing 737 MAX 8. Ini dilakukan setelah kecelakaan maut kedua yang melibatkan tipe pesawat baru tersebut.

Badan dana kesejahteraan berdaulat Malaysia, Khazanah harus meninjau kembali perjanjian pembelian pesawat Boeing tersebut untuk maskapai nasional Malaysia Airlines. Demikian disampaikan Menteri Urusan Ekonomi Malaysia, Azmin Ali seperti dikutip media Nikkei dan dilansir kantor berita Reuters, Selasa (12/3/2019).


"Manajemen Khazanah harus segera menyelidiki masalah ini. Ini untuk memastikan keamanan maskapai, yang merupakan hal terpenting," tutur Ali seperti dilaporkan Nikkei.

Pesawat Ethiopian Airlines jenis Boeing 737 MAX 8 yang membawa 157 penumpang dan awak, jatuh saat mengudara ke Nairobi, Kenya pada Minggu (11/3) waktu setempat. Pesawat dilaporkan jatuh hanya sekitar enam menit setelah lepas landas dari Addis Ababa, Ethiopia. Otoritas Ethiopia telah menyatakan tidak ada yang selamat dalam insiden mengenaskan itu. Disebutkan juga bahwa para korban tewas berasal dari 35 negara.

Penyebab jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines ini belum sepenuhnya jelas. Namun pihak Ethiopian Airlines menyatakan pilot sempat melaporkan adanya masalah dan meminta izin untuk terbang kembali ke Addis Ababa.


Pesawat jenis Boeing 737 Max 8 itu baru saja diantarkan ke Ethiopian Airlines pada 15 November 2018. Pesawat itu diklaim telah menjalani 'pemeriksaan awal yang teliti' pada 4 Februari lalu.

Kecelakaan Ethiopian Airlines ini merupakan yang kedua kalinya yang melibatkan pesawat tipe Boeing 737 MAX 8 dalam kurun waktu kurang dari enam bulan. Sebelumnya pada Oktober 2018 lalu, pesawat Lion Air jatuh hanya sekitar 12 menit setelah lepas landas dari Jakarta.


Saksikan juga video 'Boeing 737 Max 8 yang Jadi Sorotan':

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
FOKUS BERITA: Ethiopian Airlines Jatuh
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed