detikNews
Selasa 12 Maret 2019, 11:19 WIB

2 Kecelakaan dalam 5 Bulan, Bos Boeing Angkat Bicara Soal 737 MAX 8

Rita Uli Hutapea - detikNews
2 Kecelakaan dalam 5 Bulan, Bos Boeing Angkat Bicara Soal 737 MAX 8 Foto: Reuters
Washington - CEO Boeing Dennis Muilenburg akhirnya angkat bicara mengenai pesawat Boeing 737 MAX 8 usai kecelakaan tragis Ethiopian Airlines yang menewaskan 157 orang. Bos raksasa penerbangan AS itu yakin akan keselamatan pesawat tipe baru Boeing tersebut.

"Kita yakin akan keselamatan 737 MAX dan pada pekerjaan pria-pria dan perempuan-perempuan yang merancang dan merakitnya," kata Chief Executive Officer (CEO) Boeing dalam email kepada karyawan Boeing seperti dikutip kantor berita Reuters, Selasa (12/3/2019).

"Sejak sertifikasi dan mulai beroperasi, Boeing MAX (seri 8 maupun 9) telah menyelesaikan ratusan ribu penerbangan dengan aman," imbuhnya


Muilenburg mengakui bahwa kecelakaan Ethiopian Airlines pada Minggu (10/2) lalu menjadi tantangan bagi perusahaan tersebut karena itu terjadi hanya beberapa bulan setelah kecelakaan Lion Air Flight 610 pada Oktober 2018 lalu.

Muilenburg menekankan, Boeing sepenuhnya mendukung penyelidikan atas kecelakaan tersebut dan memberikan bantuan teknis di bawah arahan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS dan otoritas Ethiopia.

Bos Boeing itu pun mengimbau para karyawan untuk "tetap fokus pada fakta-fakta dan menghindari spekulasi selagi penyelidikan berlangsung."

"Berspekulasi mengenai penyebab kecelakaan atau membahasnya tanpa semua fakta yang diperlukan adalah tidak tepat dan bisa membahayakan integritas penyelidikan," tegas Muilenburg.


Pesawat Ethiopian Airlines jenis Boeing 737 MAX 8 yang membawa 157 penumpang dan awak, jatuh saat mengudara ke Nairobi, Kenya pada Minggu (11/3) waktu setempat. Pesawat dilaporkan jatuh hanya sekitar enam menit setelah lepas landas dari Addis Ababa. Otoritas Ethiopia telah menyatakan tidak ada yang selamat dalam insiden mengenaskan itu. Disebutkan juga bahwa para korban tewas berasal dari 35 negara.

Penyebab jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines ini belum sepenuhnya jelas. Namun pihak Ethiopian Airlines menyatakan pilot sempat melaporkan adanya masalah dan meminta izin untuk terbang kembali ke Addis Ababa.

Pesawat jenis Boeing 737 Max 8 itu baru saja diantarkan ke Ethiopian Airlines pada 15 November 2018. Pesawat itu diklaim telah menjalani 'pemeriksaan awal yang teliti' pada 4 Februari lalu.



Saksikan juga video 'Jejak Ethiopian Airlines: Sepatu, Buku Terbakar dan Tanah Berlubang':

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed