DetikNews
Sabtu 09 Maret 2019, 13:55 WIB

Angkatan Laut Iran Gagalkan Pembajakan Kapal Tanker Minyak

Rita Uli Hutapea - detikNews
Angkatan Laut Iran Gagalkan Pembajakan Kapal Tanker Minyak Kapal perang Lavan (Foto: Press TV)
Teheran - Angkatan Laut Iran berhasil menggagalkan aksi pembajakan sebuah kapal tanker minyak Iran di perairan Teluk Aden.

Para bajak laut yang menaiki 11 speedboat menyerang tanker minyak dengan kargo lebih dari 150 ribu ton itu. Namun pasukan beserta armada ke-60 Angkatan Laut Iran yang berpatroli di Teluk Aden untuk misi luar negeri, berhasil menggagalkan serangan di Selat Bab el-Mandeb pada Jumat (8/3) waktu setempat itu.


Seperti dilansir media Iran, Press TV, Sabtu (9/3/2019), armada ke-60 Angkatan Laut Iran tersebut terdiri dari kapal penghancur Bayandor, kapal logistik Bushehr dan kapal perang Lavan, yang bertolak ke laut lepas pada 23 Januari lalu untuk mempertahankan kekuatan Iran di perairan internasional dan menjaga rute-rute maritim.

Dalam beberapa tahun terakhir, Angkatan Laut Iran telah meningkatkan keberadaannya di perairan internasional untuk melindungi rute-rute laut dan memberikan keamanan bagi kapal-kapal dagang dan tanker.


Sejalan dengan upaya internasional memerangi aksi bajak laut, Angkatan Laut Iran telah melakukan patroli di perairan Teluk Aden dan Samudera Hindia, melindungi kontainer-kontainer dagang dan tanker-tanker minyak yang dimiliki atau disewa oleh Iran ataupun negara-negara lain.

Selama misinya di perairan internasional, Angkatan Laut Iran telah berhasil menggagalkan sejumlah serangan pembajakan terhadap kapal-kapal tanker Iran dan asing.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed