DetikNews
Jumat 08 Maret 2019, 14:58 WIB

Truk Pembawa Imigran Gelap Terguling di Meksiko, 25 Orang Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Truk Pembawa Imigran Gelap Terguling di Meksiko, 25 Orang Tewas Ilustrasi -- Imigran gelap yang baru melintasi perbatasan AS-Meksiko secara ilegal (REUTERS/Jose Luis Gonzalez)
Mexico City - Sebuah truk kargo yang membawa rombongan imigran asal Amerika Tengah tergelincir dan terguling di tengah jalanan Meksiko bagian selatan. Sedikitnya 25 orang tewas dan puluhan orang lainnya luka-luka dalam insiden ini.

Disampaikan kantor Jaksa Agung Chiapas dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP dan Reuters, Jumat (8/3/2019), bahwa kecelakaan terjadi di negara bagian Chiapas yang berbatasan dengan Guatemala, pada Kamis (7/3) malam. Tepatnya di jalanan berjarak 41 kilometer sebelah timur laut Tuxtla-Gutierrez, ibu kota Chiapas.

Truk seberat tiga ton dan tidak memiliki nomor polisi atau nopol itu tergelincir saat melaju di tengah jalanan, kemudian terguling. Truk itu dipasangi sebuah kontainer kargo yang di dalamnya berisi para imigran gelap.


Otoritas setempat menyebut insiden ini menewaskan 25 orang tewas dan melukai sekitar 32 orang lainnya.

Tidak disebut lebih lanjut asal kewarganegaraan para korban, namun disebutkan bahwa mereka berasal dari negara-negara Amerika Tengah.

Diketahui bahwa Chiapas selama ini menjadi titik transit utama bagi para imigran, khususnya dari Guatemala, Honduras dan El Salvador. Para imigran melewati Chiapas sebelum melanjutkan perjalanan ke perbatasan Amerika Serikat. Kebanyakan dari mereka nekat menumpang truk-truk yang dioperasikan oleh sindikat penyelundup.


Penyebab tergelincir dan tergulingnya truk ini belum diketahui pasti. Laporan media-media setempat menyebutkan bahwa para penyidik setempat tengah mempertimbangkan dugaan apakah sang sopir truk kehilangan kendali karena gangguan mesin.

Dituturkan Isidro Hernandez dari Palang Merah setempat bahwa truk yang mengalami kecelakaan itu diperkirakan membawa sekitar 80 imigran di dalamnya. Beberapa imigran yang tidak mengalami luka-luka diduga telah melarikan diri.

Hernandez menambahkan bahwa salah satu korban tewas merupakan anak-anak.


(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed