Posting Video Cabul di Twitter, Presiden Brasil Dikecam

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 07 Mar 2019 11:07 WIB
Jair Bolsonaro (REUTERS/Ueslei Marcelino/File Photo)
Brasilia - Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, dikecam besar-besaran karena memposting video cabul via akun Twitternya. Postingan itu sebenarnya dimaksudkan Bolsonaro untuk mengkritik festival populer di Brasil yang ramah terhadap kaum LGBT.

Seperti dilansir AFP dan CNN, Kamis (7/3/2019), video yang diposting Bolsonaro pada Rabu (6/3) waktu setempat itu menunjukkan dua orang pria sedang melakukan aktivitas seksual. Media-media lokal Brasil menyebut video itu direkam pada awal pekan ini saat perayaan festival populer di Sao Paulo.


Festival bernama Carnival yang digelar pekan ini di berbagai wilayah Brasil merupakan sebuah perayaan tahunan yang populer di negara itu. Dalam festival itu, puluhan ribu orang berpesta mulai dini hari hingga pagi hari di jalanan. Untuk tahun ini, festival tersebut beralih menjadi wadah untuk mengkritik Bolsonaro yang dikenal intoleran pada minoritas. Bolsonaro yang diketahui anti-LGBT ini kerap melontarkan komentar merendahkan wanita, homoseksual dan warga kulit hitam.

Orang-orang yang ikut Carnival di berbagai wilayah Brasil sengaja menghina Bolsonaro dengan berbagai kostum dan masker. Mereka juga meneriakkan slogan ejekan untuk Bolsonaro dalam video-video yang diunggah ke media sosial. Hal ini mungkin mendasari Bolsonaro untuk melontarkan komentar sinis terhadap festival itu.

"Saya tidak merasa nyaman untuk menunjukkannya, tapi kita harus mengekspose kebenaran agar masyarakat bisa waspada dan selalu tahu untuk menetapkan prioritas mereka. Seperti inilah kelompok dalam kebanyakan karnaval jalanan di Brasil," kicau Bolsonaro kepada 3,4 juta follower Twitter-nya.


Video yang disertakan dalam kicauan itu menunjukkan dua pria sedang melakukan aktivitas seksual di atas sebuah bus. Tampak salah satu pria mengencingi pria lainnya yang juga disebut sebagai 'golden shower' yang merujuk pada jenis sexual fetish. Sejak diposting Bolsonaro, video itu telah ditonton sebanyak 4,86 juta kali. Tidak diketahui dari mana Bolsonaro mendapatkan video itu.

Beragam reaksi muncul dengan kebanyakan mengecam Bolsonaro karena memposting video yang tidak pantas semacam itu. Beberapa pengkritik mengecam Bolsonaro karena menggunakan adegan terpisah semacam itu untuk menyerang festival tahunan yang sangat populer di Brasil. Tagar berbunyi #ImpeachmentBolsonaro dan #goldenshowerpresident memuncaki tren pencarian pada Rabu (6/3) waktu setempat.

Muncul juga tagar berbunyi #BolsonaroTemRazao yang berarti 'Bolsonaro, Anda benar' yang diramaikan pendukungnya. Pada Rabu (6/3) waktu setempat, Bolsonaro kembali mencuit: "Apa itu golden shower?"


Beberapa orang lainnya menyebut postingan video semacam itu sungguh merendahkan martabat, terutama Bolsonaro adalah seorang pemimpin negara. Aksi Bolsonaro itu disebut sama saja menyebarluaskan video cabul ke audiens yang sangat luas, khususnya anak-anak.

"Bolsonaro, cucu perempuan saya yang berusia 6 tahun melihat adegan ini di Twitter, sama seperti jutaan anak lainnya yang orangtuanya mem-follow Anda di Twitter," kecam jurnalis televisi setempat, Fabio Pannunzio.

"Saya ingin tahu bagaimana presiden republik ini bisa menjelaskan kepada mereka soal apa yang baru saja mereka lihat," imbuhnya.


Bolsonaro yang sejak lama dibandingkan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte, kerap memicu kontroversi dengan komentar-komentar bernada misoginis (membenci wanita), rasis dan homofobia.

Dia dilaporkan pernah mengatakan kepada seorang wanita anggota parlemen Brasil bahwa wanita itu tidak pantas diperkosa karena 'sangat jelek'. Secara publik, Bolsonaro juga pernah menyatakan bahwa dirinya lebih memilih untuk melihat anak laki-lakinya 'tewas dalam kecelakaan' daripada menjadi homoseksual.



Tonton juga video Geger Pria Pamer Alat Kelamin di Mojokerto, Aksinya Terekam CCTV:

[Gambas:Video 20detik]

(nvc/rna)