DetikNews
Selasa 05 Maret 2019, 18:28 WIB

Masih Memanas, Angkatan Laut Pakistan Cegat Kapal Selam India

Rita Uli Hutapea - detikNews
Masih Memanas, Angkatan Laut Pakistan Cegat Kapal Selam India Ketegangan antara India dan Pakistan terus berlanjut (Foto: DW (News))
Islamabad - Angkatan Laut Pakistan telah mencegat sebuah kapal selam India yang memasuki wilayah perairannya. Insiden ini terjadi di tengah ketegangan yang terus meningkat antara kedua negara musuh bersenjata nuklir itu.

Perkembangan ini terjadi setelah pertempuran udara yang langka antara India dan Pakistan di atas wilayah sengketa Kashmir menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya konflik besar-besaran antara kedua negara.

"Angkatan Laut Pakistan menghentikan sebuah kapal selam India yang memasuki wilayah perairan kami," ujar juru bicara Angkatan Laut Pakistan dalam sebuah statemen seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (5/3/2019).



Juru bicara tersebut mengatakan, "kapal selam India tidak ditargetkan, sejalan dengan kebijakan pemerintah menjaga perdamaian".

Ini merupakan insiden serupa pertama sejak tahun 2016, ketika Pakistan menyatakan pihaknya telah "mendesak" sebuah kapal selam India menjauh dari perairan Pakistan.

Juru bicara Angkatan Laut Pakistan itu tidak memberikan keterangan lebih detail, termasuk kapan atau di mana kapal selam itu terdeteksi.


Sejauh ini belum komentar dari pejabat-pejabat India mengenai insiden tersebut.

Dalam beberapa hari terakhir, kedua negara Asia bersenjata nuklir itu telah berada di ambang konflik besar, setelah serangan bom bunuh diri di bagian wilayah Kashmir yang dikuasai India menewaskan 40 personel paramiliter India. Sebuah kelompok militan yang berbasis di Pakistan mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom pada 14 Februari tersebut. Sekitar 12 hari kemudian, jet-jet tempur India menggempur apa yang disebut New Delhi sebagai kamp pelatihan teroris di wilayah Pakistan.

Keesokan harinya, pesawat militer Pakistan memasuki wilayah udara India dan dua jet tempur India terlibat pertempuran udara. Dalam pertempuran itu, satu pesawat tempur India ditembak jatuh dan pilotnya ditangkap Pakistan, sebelum kemudia dibebaskan kembali.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed