detikNews
Sabtu 02 Maret 2019, 16:57 WIB

Kim Jong-Un Beri Penghormatan ke Ho Chi Minh Sebelum Pulang ke Korut

Novi Christiastuti - detikNews
Kim Jong-Un Beri Penghormatan ke Ho Chi Minh Sebelum Pulang ke Korut Kim Jong-Un saat meletakkan karangan bunga di mausoleum mendiang Ho Chi Minh (REUTERS/Jorge Silva/Pool)
Hanoi - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un menyempatkan diri untuk memberi penghormatan kepada pemimpin revolusi Vietnam, mendiang Ho Chi Minh, sebelum pulang ke negaranya. Kim Jong-Un pulang ke Pyongyang, dengan kereta api yang menempuh jarak 4 ribu kilometer, via wilayah China.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (2/3/2019), Kim Jong-Un dan rombongannya telah naik ke dalam gerbong kereta lapis baja warna hijau zaitun di stasiun Dong Dang yang terletak di perbatasan Vietnam-China pada Sabtu (2/3) waktu setempat. Rangkaian kereta itu akan menempuh perjalanan selama 2,5 hari untuk kembali ke Pyongyang.

Sebelum itu, pada Sabtu (2/3) pagi waktu setempat, Kim Jong-Un melakukan kunjungan kehormatan yang tak biasa ke monumen persemayaman jenazah Ho Chi Minh yang merupakan pahlawan kemerdekaan Vietnam. Momen seperti ini tergolong jarang terjadi.

Kim Jong-Un menundukkan kepalanya saat mengunjungi tempat persemayaman mendiang Ho Chi MinhKim Jong-Un menundukkan kepalanya saat mengunjungi tempat persemayaman mendiang Ho Chi Minh Foto: REUTERS/Jorge Silva/Pool

Diketahui bahwa setiap peringatan hari jadi Korut, Kim Jong-Un secara rutin memberikan penghormatan kepada mendiang ayahnya, Kim Jong-Il dan mendiang kakeknya, Kim Il-Sung, di istana memorial di pinggiran Pyongyang yang menjadi persemayaman jenazah kedua tokoh penting Korut itu.

Namun Kim Jong-Un diketahui tidak pernah melakukan hal serupa terhadap pemimpin negara lain.

Dalam kunjungannya, Kim Jong-Un meletakkan karangan bunga raksasa yang bertuliskan namanya dan pesan berbunyi 'Menghormati kenangan Presiden Ho Chi Minh'. Selanjutnya, Kim Jong-Un menundukkan kepalanya selama tidak kurang dari 48 detik.


Kim Jong-Un sebelumnya telah empat kali mengunjungi China, namun tidak pernah ada laporan media soal kunjungan ke mausoleum tempat jenazah Mao Zedong -- pendiri China -- disemayamkan di Beijing.

Mendiang kakek Kim Jong-Un diketahui bersahabat dekat dengan mendiang Ho Chi Minh. Bahkan diketahui bahwa kakek Kim Jong-Un mengerahkan sejumlah pilot pesawat tempur dan pakar perang saat Ho Chi Minh berperang dengan rezim yang didukung Amerika Serikat di Vietnam Selatan. Foto kedua tokoh besar itu dipamerkan di papan pengumuman di luar gedung Kedutaan Besar Vietnam di Pyongyang.

Setelah pertemuannya dengan Presiden AS Donald Trump di Hanoi gagal mencapai kesepakatan denuklirisasi, bahkan tidak menghasilkan pernyataan bersama, Kim Jong-Un melanjutkan kunjungan kenegaraan di Vietnam. Kunjungan ini menjadi yang pertama bagi seorang pemimpin Korut sejak tahun 1964, saat Kim Il-Sung -- kakek Kim Jong-Un -- juga bepergian dengan kereta api ke Vietnam.

Kim Jong-Un melambaikan tangannya sebelum pulang ke Korut Kim Jong-Un melambaikan tangannya sebelum pulang ke Korut Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon

Pada Jumat (1/3) kemarin, Kim Jong-Un bertemu dengan para pejabat tinggi Vietnam dan dilaporkan turut mencoba memainkan 'dan bau' -- gitar tradisional Vietnam yang hanya memiliki satu senar saja. Foto-foto yang dirilis media lokal menunjukkan Kim Jong-Un tersenyum saat memainkan 'dan bau' dengan para pejabat tinggi Vietnam, termasuk Presiden Nguyen Phu Tong, menyemangatinya.



Tonton juga video Walau Tak Sejalan, Trump Yakin Kim Tak Uji Coba Nuklir:

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com