ADVERTISEMENT

Kim Jong-Un Sebut KTT Vietnam Keputusan Politik Berani dari Trump

Faiq Hidayat - detikNews
Rabu, 27 Feb 2019 20:02 WIB
Foto: REUTERS/Leah Millis
Hanoi - Presiden Amerika Serikat Donald Trump bertemu dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un di Hanoi, Vietnam. Pertemuan puncak KTT tersebut dilakukan secara tertutup.

Dilansir situs CNN, Rabu (27/2/2019), Trump menyebut negara Korea Utara merupakan negara yang memiliki potensi yang luar biasa termasuk dunia ekonomi. Apalagi Kim Jong-Un dinilai Trump sosok pemimpin yang hebat.

"Saya pikir negara Anda (Korut) memiliki potensi ekonomi yang luar biasa," kata Trump.

"Saya pikir Anda (Korut) akan memiliki masa depan yang luar biasa untuk negara Anda, Anda seorang pemimpin yang hebat," kata Trump kepada Kim. "Kami akan membantu mewujudkannya."

Pertemuan tersebut sudah kedua kalinya. Kim Jong Un mengatakan pertemuan ini karena keputusan politik yang berani oleh Trump. Dia berharap hubungan AS-Korut tidak disalahartikan oleh pihak lain.

Dia juga berharap pertemuan saat ini menghasilkan manfaat bagi orang banyak. Pertemuan dengan Trump disebutnya sangat menarik.

"Hasil (pertemuan) bisa disambut oleh semua orang."



Dalam pertemuan kedua di Hanoi ini, Trump dan Kim mengawalinya dengan sesi one-on-one atau pertemuan empat mata selama 20 menit di Hotel Metropole. Selanjutnya, keduanya akan menghadiri makan malam bersama dengan para jajarannya.

Trump dilaporkan didampingi Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Staf Gedung Putih, Mick Mulvaney. Sedangkan Kim Jong-Un akan didampingi utusan pentingnya, Kim Yong-Chol dan Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong-Ho.

Pertemuan penting antara pemimpin AS dan Korut ini akan dilanjutkan pada Kamis (28/2) besok. Agenda pertemuan tidak diungkapkan secara jelas kepada media. Gedung Putih hanya menyebutkan bahwa Trump dan Kim akan 'bolak-balik' menggelar sejumlah pertemuan sepanjang Kamis (28/2) besok. Namun, soal waktu maupun lokasi pertemuan belum diumumkan. (fai/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT