DetikNews
Rabu 20 Februari 2019, 18:21 WIB

MBS dan PM India Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Perangi Terorisme

Novi Christiastuti - detikNews
MBS dan PM India Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Perangi Terorisme Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman dan PM India Narendra Modi saat bertemu di New Delhi (REUTERS/Adnan Abidi)
New Delhi - Putra Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) dan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi sepakat untuk meningkatkan kerja sama memerangi terorisme. Kedua tokoh bertekad meningkatkan tekanan terhadap negara-negara yang dinilai mengobarkan terorisme.

Seperti dilansir AFP, Rabu (20/2/2019), kesepakatan itu dicapai saat MBS bertemu dengan PM Modi dalam kunjungannya ke India pekan ini. Kunjungan MBS ke India ini dilakukan setelah sebelumnya dia berkunjung ke Pakistan selama dua hari.


Tidak disebut secara detail target yang akan menjadi sasaran kerja sama itu. Namun diketahui bahwa kesepakatan baru antara MBS dan PM Modi ini dicapai saat PM Modi terus melontarkan peringatan untuk Pakistan, menyusul serangan bom bunuh diri di Kashmir yang menewaskan sedikitnya 40 paramiliter India, pekan lalu. PM Modi mengecamnya sebagai 'serangan biadab'. Sedangkan otoritas Saudi diketahui selalu menuduh Iran terlibat dalam serangan militan.

"Untuk menangkal ancaman ini secara efektif, kami menyepakati bahwa ada kebutuhan untuk meningkatkan seluruh tekanan pada negara-negara yang mendukung terorisme dengan cara apapun," tegas PM Modi dalam pernyataannya.

"Sungguh penting untuk melenyapkan infrastruktur teror dan menghentikan dukungan pada teroris dan para pendukungnya," imbuhnya.


MBS sendiri menawarkan untuk membantu mengakhiri pertikaian antara India dan Pakistan yang kembali memanas akibat bom bunuh diri di Kashmir.

"Terorisme dan ekstremisme menjadi kekhawatiran bersama bagi India dan Arab Saudi," ujar MBS usai berbicara dengan PM Modi di New Delhi.

"Saya ingin menegaskan bahwa kami siap bekerja sama dengan India, termasuk melalui saling berbagi intelijen," tandasnya.


Dalam rangkaian kunjungan ke luar negeri pertama sejak citranya ternoda akibat kasus pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi, MBS menandatangani sejumlah kesepakatan gabungan dengan PM Modi dalam sektor industri dan budaya. Tidak ada perjanjian besar yang diumumkan MBS dalam kunjungannya ini.

Di Pakistan, MBS mengumumkan investasi sebesar US$ 20 miliar untuk negara tersebut. Usai mengunjungi Pakistan dan India, MBS dijadwalkan mengunjungi China pada Rabu (20/2) malam.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed