DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 18:15 WIB

2 Pesawat Tempur India Tabrakan di Udara Saat Latihan Aerobatik

Novi Christiastuti - detikNews
2 Pesawat Tempur India Tabrakan di Udara Saat Latihan Aerobatik Ilustrasi tim aerobatik Angkatan Udara India (REUTERS/Abhishek N. Chinnappa/File Photo)
New Delhi - Dua pesawat tempur milik Angkatan Udara India bertabrakan di udara saat latihan untuk pertunjukan aerobatik. Satu pilot tewas dan tiga orang lainnya luka-luka dalam insiden yang terjadi di wilayah Karnataka ini.

"Satu pilot Angkatan Udara India sangat disayangkan kehilangan nyawanya," sebut Direktur Jenderal Kepolisian Karnataka, MN Reddi, seperti dilansir Reuters, Selasa (19/2/2019).

"Dua orang lainnya luka-luka dan telah dibawa ke rumah sakit, tapi mereka dinyatakan lolos dari bahaya," imbuh Reddi dalam pernyataannya.


Kedua korban luka itu merupakan pilot lain yang berhasil melontarkan diri keluar dari pesawat usai tabrakan terjadi. Satu korban luka lainnya merupakan seorang warga sipil yang terkena puing pesawat yang terlempar usai tabrakan terjadi.

Dalam keterangan terpisah, Kementerian Pertahanan India mengonfirmasi bahwa dua pesawat tempur jenis Hawk saling bertabrakan dan jatuh di dekat Pangkalan Udara Yelahanka pada Selasa (19/2) waktu setempat. Insiden terjadi saat kedua pesawat itu melakukan latihan aerobatik.

Sejumlah saksi mata, seperti dilansir AFP, menuturkan bagaimana kedua pesawat tempur itu terbang secara spiral tak terkendali setelah saling bertabrakan di udara. Saksi mata menyebut tabrakan dua pesawat itu memicu bola api raksasa di langit.


Kedua pesawat tempur itu merupakan bagian dari Tim Pertunjukan Aerobatik Surya Kiran. Tim itu dijadwalkan akan tampil pada acara Aero India 2019, sebuah airshow selama lima hari yang diperkirakan akan diikuti 500 perusahaan penerbangan India dan asing juga kontraktor pertahanan.

Insiden ini merupakan insiden mematikan kedua yang melibatkan Angkatan Udara India dalam sebulan terakhir. Pada 1 Februari lalu, pesawat latih Mirage 2000 jatuh di kota Bengaluru. Insiden itu menewaskan dua pilot yang ada di dalam pesawat.


(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed