DetikNews
Senin 18 Februari 2019, 19:39 WIB

Singa Gunung Dievakuasi dari Pohon di Halaman Belakang Rumah Warga

Novi Christiastuti - detikNews
Singa Gunung Dievakuasi dari Pohon di Halaman Belakang Rumah Warga Singa gunung itu saat dievakuasi dari pohon (California Department of Fish & Wildlife via CNN)
California - Petugas pemadam kebakaran di Amerika Serikat (AS) dikenal atas kemampuan penyelamatan mumpuni terhadap binatang, termasuk kucing. Namun dalam insiden di California, para petugas pemadam harus menghadapi kucing raksasa, tepatnya seekor singa gunung, yang 'bertengger' di atas pohon.

Seperti dilansir CNN, Senin (18/2/2019), singa gunung atau cougar berukuran besar itu ditemukan duduk di atas pohon setinggi 15 meter yang ada di halaman belakang salah satu rumah warga di wilayah Hesperia, San Bernardino County, California. Insiden ini terjadi pada Sabtu (16/2) lalu.

Si pemilik rumah, yang tidak disebut namanya, dilaporkan sedang berkebun saat menemukan singa gunung di halaman belakang rumahnya.

Tidak diketahui pasti bagaimana bisa singa gunung itu berakhir di atas pohon di kawasan permukiman warga.


Dalam upaya evakuasi, staf dari Departemen Perikanan dan Satwa Liar California menggunakan obat bius untuk melumpuhkan kucing raksasa itu, sebelum petugas pemadam kebakaran setempat mendekatinya dengan tangga.

Singa gunung itu lebih muda dievakuasi dalam keadaan tak sadarkan diri. Petugas mengikat singa gunung itu dan secara perlahan menurunkannya dari pohon.

Pakar satwa liar diberi kesempatan untuk memeriksa singa gunung itu sebelum dilepaskan ke alam liar.

"Tergolong biasa bagi singa gunung muda untuk menjelajah di luar area yang dianggap sebagai habitat normalnya, dalam upaya membangun wilayah mereka," sebut pakar biologi dari Departemen Perikanan dan Satwa Liar California, Kevin Brennan.


Diketahui bahwa kota Hesperia yang terletak sekitar 128 kilometer dari Los Angeles ini berada di area Gurun Mojave dan berbatasan dengan Pegunungan San Bernardino di bagian selatan.

Serangan singa gunung terhadap manusia tergolong langka. Namun kehadiran kucing raksasa di area permukiman ini tetap berbahaya. "Meninggalkan singa di pohon tidak akan aman bagi masyarakat," sebut pawang hewan liar, Rick Fischer.


(nvc/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed