DetikNews
Senin 18 Februari 2019, 19:19 WIB

Napi di AS Pakai Gantungan Baju Selamatkan Bayi Terkunci di Mobil

Novi Christiastuti - detikNews
Napi di AS Pakai Gantungan Baju Selamatkan Bayi Terkunci di Mobil Sejumlah narapidana di AS menyelamatkan bayi yang terkunci di dalam mobil (Facebook via CNN)
Florida - Situasi langka terjadi di wilayah Florida, Amerika Serikat (AS), ketika seorang narapidana setempat menggunakan keahlian kriminalnya untuk menyelamatkan seorang bayi yang terkunci di dalam mobil. Si narapidana itu membuka paksa pintu mobil dengan gantungan baji demi menolong sang bayi.

Dilaporkan media lokal KABC-TV dan dilansir CNN, Senin (18/2/2019), insiden ini terjadi di wilayah Pasco County, dekat Tampa pada Kamis (14/2) pekan lalu. Bayi berusia 1 tahun itu secara tidak sengaja terkunci di dalam mobil, sementara kedua orangtuanya ada di luar mobil.

Ibunda sang bayi, Shadow Lantry, merekam operasi penyelamatan tak biasa itu dengan telepon genggam dan mempostingnya ke Facebook. Video itu telah ditonton lebih dari 4 ribu kali.


Dalam video itu terlihat seorang narapidana yang tidak disebut namanya bersama empat narapidana tindak pidana ringan lainnya terlihat mencungkil bagian pintu mobil untuk membukanya secara paksa. Dengan memakai seragam tahanan motif garis-garis, para narapidana itu memakai sebuah gantungan baju untuk membuka pintu mobil jenis SUV merek Chevy Tahoe yang terkunci.

Dituturkan Lantry bahwa insiden ini berawal saat suaminya menempatkan anaknya di kursi bayi di kursi belakang mobil. Saat itu, sang suami melemparkan kunci mobil ke kursi depan dan menutup pintu belakang. Setelah menutup pintu belakang, sang suami baru menyadari bahwa seluruh pintu mobil ternyata terkunci secara otomatis.

Para narapidana, dengan dikawal sejumlah polisi, kebetulan sedang memperbaiki jalur hijau di dekat lokasi. Mereka lantas menawarkan bantuan. Dituturkan Lantry bahwa upaya penyelamatan bayinya itu berlangsung hanya dalam waktu lima menit. Bayinya berhasil dikeluarkan dari mobil tanpa cedera apapun.

"Terima kasih Tuhan, untuk para kriminal di dunia. Saya menghormati Anda semua," ucap Lantry dalam videonya.


Sherriff Pasco County, Chris Nocco, menyebut situasi itu tergolong unik, karena memperbolehkan narapidana untuk memakai keahlian kriminalnya dalam membuka paksa sebuah mobil untuk alasan yang baik.

"Hanya ada sangat kecil prosentase pelaku kriminal di luar sana yang ingin melawan kami dan ingin menyerang kami, tapi ada banyak, seperti individu-individu ini, mereka menyadari mereka melakukan kesalahan buruk, pilihan buruk, tapi mereka ingin melakukan hal yang benar dalam hidup mereka," ucap Nocco.


(nvc/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed