DetikNews
Jumat 15 Februari 2019, 17:36 WIB

Putra Mahkota Arab Saudi Akan Berkunjung ke China Pekan Depan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Putra Mahkota Arab Saudi Akan Berkunjung ke China Pekan Depan Putra Mahkota Arab Saudi (Foto: Dok. Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS)
Beijing - Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) akan melakukan kunjungan ke China pekan depan. Kunjungan ini sebagai bagian dari lawatannya ke Asia termasuk ke Indonesia.

MBS akan berkunjung ke China pada Kamis (21/2) dan Jumat (22/2) mendatang dan akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dan Wakil Presiden Han Zheng.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang mengatakan kepada para wartawan seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (15/2/2019), kunjungan tersebut untuk mencoba "mempromosikan pengembangan hubungan China-Saudi yang lebih besar" dan "memperdalam kerjasama" pada inisiatif diplomasi perdagangan dan ekonomi "Sabuk dan Jalan" China.


Lawatan MBS ini dilakukan di saat eksportir minyak mentah utama dunia tersebut telah banyak berinvestasi dalam proyek-proyek kilang dan petrokimia di seluruh dunia untuk mengamankan pembeli minyak jangka panjangnya. Putra Mahkota Saudi tersebut juga akan melakukan lawatan di Pakistan, India, Malaysia dan Indonesia.

MBS akan berkunjung ke Pakistan pada akhir pekan ini. Lawatan ini dilakukan di tengah laporan bahwa kedua negara akan menandatangani sejumlah kesepakatan investasi.


Kunjungan MBS ini dilakukan di tengah sorotan dunia pada pemerintah Arab Saudi khususnya, MBS terkait pembunuhan jurnalis kawakan Jamal Khashoggi di gedung Kedutaan Saudi di Istanbul, Turki pada 2 Oktober lalu. Sejumlah pihak menduga MBS berada di belakang pembunuhan jurnalis pengkritik pemerintah Saudi tersebut.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed