DetikNews
Rabu 13 Februari 2019, 12:45 WIB

Mahathir: Malaysia Akan Selesaikan Masalah dengan Korea Utara

Novi Christiastuti - detikNews
Mahathir: Malaysia Akan Selesaikan Masalah dengan Korea Utara Mahathir Mohamad (thestar.com.my)
Kuala Lumpur - Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad menyatakan Malaysia siap menyelesaikan masalah dengan Korea Utara (Korut) setelah pembunuhan Kim Jong-Nam, kakak tiri pemimpin Korut Kim Jong-Un, yang terjadi dua tahun lalu, memperburuk hubungan kedua negara.

Kim Jong-Nam dibunuh di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2 pada 13 Februari 2017 dalam kasus yang menjadi sorotan dunia. Dua wanita asal Indonesia dan Vietnam, Siti Aisyah dan Doan Thi Huong, dijerat dakwaan pembunuhan karena mengusapkan racun gas saraf VX ke wajah Kim Jong-Nam.


Keduanya terancam hukuman mati jika terbukti bersalah. Persidangan kasus itu masih terus berproses di Malaysia.

Hubungan Malaysia dan Korut tegang akibat kasus pembunuhan itu. Otoritas Malaysia meyakini ada empat agen intelijen Korut yang terlibat dalam pembunuhan itu. Empat agen itu kabur dari Malaysia setelah pembunuhan terjadi dan diyakini kini ada di Korut. Namun otoritas Korut telah menyangkal terlibat.

"Kita memiliki masalah dengan Korea Utara usai kematian seorang warga Korea Utara di sini," ucap Mahathir seperti dikutip New Straits Times dan dilansir Channel News Asia, Rabu (13/2/2019).


Lebih lanjut, Mahathir menyebut hubungan Malaysia dan Korut mengalami banyak guncangan.

"Malaysia akan menyelesaikan persoalan dengan Korea Utara nantinya," ujar Mahathir. "Soal apakah kita akan membuka kembali kedutaan kita (di Korut), kita akan menyelesaikan persoalan itu nanti," imbuhnya.

Diketahui bahwa Kedutaan Besar Malaysia di Pyongyang tidak beroperasi dan sama sekali tidak memiliki staf sejak April 2017. Otoritas Malaysia menarik pulang seluruh diplomat dan stafnya setelah hubungan diplomatik Malaysia dan Korut memburuk akibat kasus pembunuhan Kim Jong-Nam.



Saksikan juga video 'Ketika Pembelaan Aisyah Terdakwa Pembunuhan Kim Jong-nam Ditunda':

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed