DetikNews
Kamis 07 Februari 2019, 17:03 WIB

Malaysia Tangkap 100 Imigran Ilegal, Termasuk Puluhan WNI

Novi Christiastuti - detikNews
Malaysia Tangkap 100 Imigran Ilegal, Termasuk Puluhan WNI Ilustrasi (Thinkstock)
Kuala Lumpur - Lebih dari 100 imigran ilegal ditangkap dalam penggerebekan di Kuala Lumpur, Malaysia. Terdapat 36 warga negara Indonesia di antara para imigran ilegal yang ditangkap itu.

Seperti dilaporkan media lokal Malaysia, The Star, Kamis (7/2/2019), penggerebekan terhadap imigran ilegal itu dilakukan otoritas Malaysia di pusat ibu kota Kuala Lumpur pada Selasa (5/2) waktu setempat.


Direktur Jenderal Departemen Imigrasi Malaysia, Khairul Dzaimee Daud, mengatakan bahwa para imigran ilegal yang ditangkap terdiri atas 68 warga Bangladesh, 36 warga Indonesia, sembilan warga Nepal, tujuh warga Myanmar dan masing-masing satu warga Pakistan, Yaman dan India.

"Mereka telah dibawa ke Depot Departemen Imigrasi untuk penyelidikan dan tindakan lebih lanjut," sebut Khairul Dzaimee dalam pernyataannya.

"Tindak pelanggaran yang dilakukan antara lain tidak memiliki dokumen identitas pribadi, menyalahgunakan izin tinggal dan overstaying," imbuhnya.


Para imigran ilegal yang ditangkap itu disebut berusia antara 25-45 tahun. Penangkapan dilakukan setelah otoritas imigrasi setempat melakukan pemeriksaan terhadap 536 warga negara asing yang ada di sekitar pusat Kuala Lumpur.

"Upaya penegakan hukum dalam mendeteksi, menahan, mendakwa dan mendeportasi imigran ilegal terus berlanjut," kata Khairul Dzaimee.

"Antara 1 Januari hingga 31 Januari, kami melakukan 1.353 operasi yang berujung pada penahanan 5.091 imigran ilegal dan 83 orang majikan," tambahnya.


Lebih lanjut, Khairul Dzaimee mengingatkan publik, khususnya para majikan, untuk tidak menyembunyikan imigran ilegal.

"Kami akan mengambil tindakan tegas terhadap orang-orang yang meremehkan hukum," tegasnya. "Setiap orang yang memiliki informasi soal imigran ilegal diimbau untuk menghubungi departemen (imigrasi-red) sesegera mungkin," imbuh Khairul Dzaimee.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed