DetikNews
Kamis 07 Februari 2019, 01:00 WIB

Polisi India Tangkap Wanita yang Tembak Patung Mahatma Gandhi

Haris Fadhil - detikNews
Polisi India Tangkap Wanita yang Tembak Patung Mahatma Gandhi Foto suasana siswa di India saat peringatan kematian Mahatma Gandhi (Foto: ARUN SANKAR / AFP)
New Delhi - Polisi India menangkap seorang wanita yang menembak patung Mahatma Gandhi. Wanita itu menembak patung Gandhi dengan senapan udara.

Dilansir dari AFP, Kamis (7/2/2019), wanita itu disebut menembak patung untuk memperingati pembunuhan Gandhi sekitar 7 dekade yang lalu.

Pooja Shakun Pandey direkam saat menembak patung di sebuah acara oleh kelompok Hindu sayap kanan pada hari Jumat (1/2) saat peringatan ke-71 kematian Gandhi. Video tersebut memicu kemarahan setelah viral di dunia maya.


Gandhi disebut dibunuh pada 30 Januari 1948 oleh Nathuram Godse. Beberapa orang hadir meneriakkan nama Godse saat peringatan kematian Gandhi dan orang-orang bergantian menembaki patung yang memiliki balon di dalam yang meledak dengan cairan merah menyerupai darah.

Peristiwa itu terjadi di negara bagian utara Uttar Pradesh dan diorganisir oleh kelompok yang dikaitkan dengan pembunuh Gandhi. Pandey sendiri merupakan seorang tokoh senior dalam kelompok itu dan seorang mantan dosen.


Dia ditangkap pada hari Selasa dengan tuduhan memicu kekerasan dan kerusuhan. Dia dibawa ke pengadilan dan seorang hakim mengembalikannya ke tahanan.

Selain itu, ada 13 orang lainnya dari kelompok itu yang diduga terlibat dalam aksi yang sama, termasuk suami Pandey. Sebagian telah ditangtap dan ada yang sedang dalam pelarian.
(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed