DetikNews
Selasa 05 Februari 2019, 13:58 WIB

Duh! Wabah Flu Babi Telah Merenggut 226 Nyawa di India

Rita Uli Hutapea - detikNews
Duh! Wabah Flu Babi Telah Merenggut 226 Nyawa di India Wabah flu babi di India (Foto: Photo by SAM PANTHAKY /AFP)
New Delhi - Setidaknya 226 orang di India telah meninggal tahun ini akibat wabah flu babi yang melanda negeri itu.

Menurut statistik dari Kementerian Kesehatan India seperti dilansir media Anadolu Agency, Selasa (5/2/2019), bahkan dalam sepekan terakhir ini saja, virus H1N1 tersebut kembali merenggut 31 nyawa. Di seluruh negeri, sebanyak 6.601 orang telah dinyatakan positif menderita penyakit ini sejak awal tahun 2019, dengan 2.030 orang di antaranya terkena flu babi dalam waktu 7 hari terakhir.

Jumlah korban meninggal paling tinggi terjadi di negara bagian Rajasthan, India utara, dengan setidaknya 85 orang meninggal akibat flu babi di wilayah tersebut.


Tingkat kematian yang tinggi juga terjadi di negara bagian Gujarat, Haryana dan New Delhi seiring virus mematikan itu terus menyebar di wilayah-wilayah India. Total 479 kasus baru tercatat di New Delhi dalam sepekan terakhir.

Tahun lalu, sekitar 1.100 orang dilaporkan tewas dan 15 ribu orang lainnya terinfeksi flu babi di sejumlah wilayah India yang terjangkit wabah virus H1N1 yang sangat menular dan menyebar dari manusia-ke-manusia.

Kasus flu babi mengalami peningkatan saat bulan-bulan dingin mulai Desember dan Januari di wilayah barat dan utara India, termasuk Rajasthan dan New Delhi, ibu kota India.


Otoritas Rajasthan yang terkenal akan berbagai gurun dan istana serta sangat terkenal di kalangan turis asing, menyerukan para dokter untuk meminta izin sebelum mengambil cuti dan merencanakan kampanye rumah-ke-rumah untuk mendeteksi pasien-pasien yang terinfeksi.

Para pejabat kesehatan setempat juga meluncurkan kampanye kewaspadaan untuk membuat orang-orang lebih menyadari soal gejala, pencegahan dan perawatan flu babi. Sejauh ini, otoritas setempat telah memeriksa lebih dari 5.100 orang.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed