Cerita Mencekam Pesawat Tabrak Halaman Belakang Rumah

Rina Atriana - detikNews
Senin, 04 Feb 2019 20:40 WIB
Penampakan rumah yang kebakaran karena ditabrak pesawat (Foto: Dok. Alex Gallardo/ASSOCIATED PRESS)
Jakarta - Laju pesawat Cessna 414A tak berjalan mulus. Lepas landas di Bandara Kota Fullerton, pesawat kecil bermesin ganda itu kandas di Yorba Linda, California, Amerika Serikat.

The Guardian yang melansir The Accociated Press melaporkan, Senin (4/2), lima orang tewas akibat kejadian ini. Termasuk seorang pilot yang merupakan satu-satunya orang dalam pesawat tersebut.

Kepala Kepolisian Orange County Cory Martino menyatakan empat korban tewas lain, yang terdiri dari dua wanita dan dua laki-laki, adalah warga yang rumahnya tertabrak pesawat. Mengenai identitas kelimanya, setidaknya hingga artikel ini ditulis, belum diungkap pihak berwenang.


Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (3/2) kemarin sekitar pukul 02.00 dini hari. Saksi mata menyatakan sempat melihat pesawat Cessna 414A meledak di udara sebelum kemudian menabrak rumah warga.

"(Meledak) Sekitar 100 kaki (30 meter) di atas daratan. Saya keluar (rumah) dan terjadi hujan bagian-bagian pesawat dari langit," ujar Bocachica kepada media lokal KTLA.

Seorang warga lain bernama John Wolbart menyatakan seisi rumahnya dikagetkan dengan suara seperti ledakan.

"Itu seperti sebuah bom, terdengar seperti sebuah ledakan. Mengagetkan seisi rumah," ujar Wolbart.


Wolbart menjelaskan, saat kejadian dia langsung berlari ke rumah yang terbakar dan menyaksikan ada seorang perempuan yang rambutnya hangus.

Warga lainnya yang tinggal setengah kilometer dari lokasi, Clint Langford, menyebut tengah berada di ruang tamu saat dia tiba-tiba mendengar suara gemuruh.

"Dan kemudian tiba-tiba boom! Itu mengguncang seisi rumah," jelasnya. Langford kemudian melongok keluar pintu dan melihat bagian pesawat jatuh dari langit di kejauhan.

Penyelidik kecelakaan penerbangan AS, Elliott Simpson, mengatakan puing-puing pesawat mesin ganda ini tersebar di sebanyak empat blok.


Elliot menyatakan, bagian kabin pesawat yang memuat salah satu mesin pesawat, terlepas dan menimpa sebuah rumah warga berlantai dua. Rumah tersebut kemudian terbakar.

Sedangkan satu mesin lainnya disebutkan Elliot copot dan jatuh ke jalanan. Jatuhnya mesin pesawat itu sempat membuat panik warga setempat.

Hingga kini penyebab kecelakaan masih diselidiki. (rna/nvc)