detikNews
Jumat 01 Februari 2019, 11:19 WIB

Serangan Seksual di Akademi Militer AS Meningkat Nyaris 50 Persen!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Serangan Seksual di Akademi Militer AS Meningkat Nyaris 50 Persen! Foto: Luthfy Syahban
Washington - Jumlah kejahatan seksual di akademi-akademi militer Amerika Serikat meningkat nyaris 50 persen dalam waktu dua tahun terakhir. Ini terjadi meski telah dilakukan upaya-upaya ekstensif untuk memerangi kejahatan seks.

Sekitar 12.900 kadet masuk dalam akademi-akademi Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara yang melatih para calon perwira untuk memimpin militer Amerika yang besar. Setiap tahun, mereka mendapat kesempatan untuk mengisi survei anonim tentang kontak seksual yang tidak diinginkan atau serangan seksual.

Laporan Departemen Pertahanan AS alias Pentagon menunjukkan, bahwa menurut angka dari tahun 2018, sebanyak 747 orang melaporkan terjadinya beberapa bentuk serangan seksual -- naik dari 507 orang pada tahun 2016, atau sebuah peningkatan lebih dari 47 persen.



"Kami menemukan hasil ini sebagai hal yang membuat frustrasi, mengecewakan dan tidak dapat diterima," kata Elise Van Winkle, yang mengepalai departemen personel dan kesiapan Pentagon seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (1/2/2019).

Kenaikan terbesar tercatat di West Point Academy, akademi Angkatan Darat di New York, dengan 16,5 persen kadet perempuan melaporkan terjadinya sejumlah bentuk serangan seksual, naik dari 10,2 persen sebelumnya.

Dalam sebuah statemen, para pemimpin senior Angkatan Darat menyebut laporan tersebut "mengganggu dan mengecewakan."

"Ini bukan hanya tentang staf Angkatan Darat dan fakultas di West Point -- kami juga mengharapkan lebih dari para kadet, yang merupakan pemimpin-pemimpin masa depan Angkatan Darat kami," demikian bunyi pernyataan itu.


Dalam laporan Pentagon juga terungkap, jumlah kasus serangan seksual aktual yang dilaporkan ke otoritas mencapai 117 kasus, naik dari 112 kasus pada dua tahun sebelumnya.

Nate Galbreath, wakil direktur kantor pencegahan serangan seksual Pentagon, mengatakan para kadet sering tidak mau melapor karena mereka khawatir tentang bagaimana para kadet lain akan memandang mereka.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed