DetikNews
Kamis 24 Januari 2019, 16:59 WIB

Pasien Koma Melahirkan di Rumah Sakit AS, Seorang Perawat Ditangkap

Rita Uli Hutapea - detikNews
Pasien Koma Melahirkan di Rumah Sakit AS, Seorang Perawat Ditangkap Foto: thinkstock
Arizona - Seorang perawat telah ditangkap di Arizona, Amerika Serikat atas dugaan serangan seksual terhadap seorang perempuan yang koma selama 10 tahun, yang melahirkan bayi di fasilitas perawatan jangka panjang.

Dalam kasus yang mengguncang Amerika ini, korban yang koma telah melahirkan seorang bayi laki-laki pada 29 Desember 2018 lalu. Pasien perempuan berumur 29 tahun yang tidak disebut namanya itu, diketahui jatuh koma selama lebih dari 10 tahun dan menjalani perawatan medis di Hacienda Del Sol Care Center di di kota Phoenix, Arizona. Hacienda Del Sol Care Center merupakan fasilitas perawatan medis jangka panjang bagi pasien yang tidak perlu dirawat di rumah sakit, namun tidak bisa dirawat di rumah.


Wanita itu disebut berada dalam kondisi vegetative dan koma selama lebih dari satu dekade. Vegetative merupakan sebutan untuk kondisi seseorang yang masih hidup namun tidak sadarkan diri dan tidak memiliki aktivitas otak juga tidak responsif.

Menindaklanjuti kasus ini, Kepolisian Arizona pun melakukan penyelidikan dugaan serangan seksual. Untuk menemukan pelakunya, polisi setempat membandingkan sampel-sampel DNA dari bayi yang baru lahir itu dengan seluruh pegawai laki-laki di fasilitas perawatan tersebut.

Juru bicara kepolisian Phoenix, Tommy Thompson mengatakan pada konferensi pers, tersangka yang diidentifikasi sebagai Nathan Sutherland telah didakwa dengan satu dakwaan penyerangan seksual dan satu dakwaan penyerangan orang dewasa yang lemah. Perawat tersebut ditangkap setelah DNA pria berumur 36 tahun itu cocok dengan DNA sang bayi yang dilahirkan korban.


Otoritas menyatakan, Sutherland merupakan perawat praktik berlisensi yang bertanggung jawab untuk memberikan perawatan kepada korban pada saat kekerasan seksual itu terjadi. Pria itu telah bekerja di fasilitas Hacienda Del Sol Care Center selama sekitar 7 tahun.

Persidangan pria itu dijadwalkan digelar pada 30 Januari mendatang. Menurut media-media lokal, Sutherland dilahirkan di Haiti dan diadopsi bersama saudara perempuannya dan dibawa ke Amerika Serikat pada tahun 1969. Surat kabar Arizona Republic melaporkan, istri Sutherland mengajukan gugatan cerai pada 5 Desember lalu, beberapa pekan sebelum kasus menggemparkan ini mencuat.

CEO dari Hacienda Del Sol Care Center telah mengundurkan diri menyusul mencuatnya kasus tersebut.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed