detikNews
Rabu 23 Januari 2019, 11:14 WIB

Menlu Turki Tuduh Negara Barat Berupaya Tutupi Pembunuhan Khashoggi

Novi Christiastuti - detikNews
Menlu Turki Tuduh Negara Barat Berupaya Tutupi Pembunuhan Khashoggi Mevlut Cavusoglu (REUTERS/Yiannis Kourtoglou)
Istanbul - Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, menyebut sejumlah negara Barat berupaya menutupi pembunuhan wartawan kawakan Arab Saudi Jamal Khashoggi. Turki kini tengah bersiap untuk penyelidikan internasional demi menyingkap tabir kasus ini.

"Kita lihat bagaimana mereka yang bicara soal kebebasan pers di dunia, menutupi hal ini ketika mereka melihat uang," cetus Cavusolgu saat bicara dalam pertemuan kaum muda di Istanbul seperti dilaporkan Anadolu Agency dan dilansir Hurriyet Daily News, Rabu (23/1/2019).

Pernyataan Cavusoglu itu merujuk pada negara-negara Barat, namun tidak disebut lebih lanjut negara mana yang dimaksudnya.


Khashoggi yang merupakan wartawan senior Saudi dan kolumnis The Washington Post ini tewas dibunuh di dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober lalu. Tim intelijen Saudi yang sengaja dikirimkan ke Istanbul, diduga kuat ada di balik pembunuhan itu.

Otoritas Saudi yang awalnya menyangkal, akhirnya mengakui bahwa Khashoggi tewas dibunuh di dalam konsulatnya. Namun Saudi menyebut Khashoggi tewas dalam operasi liar. Otoritas Saudi juga membantah tuduhan banyak pihak yang mencurigai Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman terlibat.

Otoritas Turki yang terus melakukan penyelidikan atas kasus Khashoggi tersebut, belum berhasil menemukan jenazahnya. Turki juga mengeluhkan kurangnya kerja sama dari Saudi yang terkesan tidak ingin kasus ini mencapai titik terang.


Cavusoglu menegaskan, otoritas Turki selalu bertindak bijaksana dalam menangani kasus ini. Dia juga menyebut bahwa Turki menyadari hambatan-hambatan yang muncul dalam upaya menuntaskan kasus Khashoggi ini.

"Sekarang kita telah melakukan persiapan untuk penyelidikan internasional dalam beberapa hari ke depan. Kita akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan," tegas Cavusoglu.

Beberapa waktu lalu, Turki menyerukan kepada Saudi untuk mengekstradisi para tersangka yang ditahan terkait pembunuhan Khashoggi. Seruan Turki itu ditolak mentah-mentah oleh otoritas Saudi.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com