DetikNews
Senin 21 Januari 2019, 12:57 WIB

Usai Diserang Roket, Israel Gempur Target-target Iran di Suriah

Novi Christiastuti - detikNews
Usai Diserang Roket, Israel Gempur Target-target Iran di Suriah Ilustrasi (BBC World)
Tel Aviv - Militer Israel mengklaim berhasil menembak jatuh sebuah roket yang ditembakkan dari wilayah Suriah. Militer Israel juga menyatakan pihaknya melancarkan serangan udara ke target-target Iran di Suriah menindaklanjuti serangan roket itu.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Senin (21/1/2019), dalam pernyataannya, militer Israel menyatakan 'saat ini tengah menyerang' Pasukan Quds Garda Revolusioner Iran di Suriah dan memperingatkan militer Suriah untuk tidak melakukan 'upaya membahayakan wilayah atau pasukan Israel'.

"Kami mulai menyerang target-target Quds Iran di wilayah Suriah. Kami memperingatkan Angkatan Bersenjata Iran untuk tidak berupaya membahayakan pasukan atau wilayah Israel," tegas militer Israel dalam pernyataannya.

Pasukan Quds Iran merupakan pasukan bagian dari Garda Revolusioner Iran ditugaskan untuk operasi di luar negeri. Tidak dijelaskan lebih lanjut soal serangan udara yang dilakukan Israel pada Senin (21/1) pagi waktu setempat.


Dalam keterangan terpisah pada Minggu (20/1) waktu setempat, militer Israel menyatakan sistem pertahanan udaranya menembak jatuh sebuah roket yang ditembakkan dari wilayah Suriah. Tidak diketahui pasti siapa di balik serangan roket ke Israel itu.

Saat Israel mengumumkan serangan udaranya pada Senin (21/1) pagi waktu setempat, kantor berita Suriah, SANA, melaporkan bahwa sistem pertahanan udara milik Suriah menargetkan sejumlah tembakan 'musuh'.

Sumber militer Suriah yang dikutip media nasional setempat menyebut Israel meluncurkan 'serangan intens melalui gelombang rudal-rudal terarah' dan mengklaim bahwa sistem pertahanan udara Suriah berhasil menghancurkan sebagian besar 'target-target musuh'.

Sejumlah saksi mata di Damaskus menuturkan mereka mendengar suara ledakan keras di langit malam selama nyaris 1 jam.


Organisasi pemantau konflik Suriah, Syrian Observatory for Human Rights, melaporkan bahwa serangan rudal Israel ditargetkan di area Bandara Damaskus dan area sekitar ibu kota Damaskus. Disebutkan Syrian Observatory bahwa rudal-rudal Israel itu kebanyakan mengenai depot senjata milik Iran dan Hizbullah.

Diketahui bahwa Israel bersumpah untuk menghentikan upaya Iran membangun pertahanan militer di Suriah, yang berbatasan dengan wilayahnya. Militer Israel telah melancarkan ratusan serangan udara terhadap target-target yang diklaim terkait Iran dan upaya penyaluran senjata terhadap Hizbullah, milisi Lebanon, yang didukung Iran. Diketahui juga bahwa Israel sebelumnya jarang mengakui serangan-serangannya di Suriah.

Namun kini PM Netanyahu dan sejumlah pejabat Israel kini lebih terbuka bicara soal operasi militer Israel di Israel.

"Kami memiliki kebijakan permanen, untuk menyerang kubu Iran di Suriah dan melukai siapa saja yang berusaha melukai kami," tegas Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, kepada wartawan pada Minggu (20/1) waktu setempat.


(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed