DetikNews
Jumat 18 Januari 2019, 17:14 WIB

Minta Inggris Tetap di Uni Eropa, Jerman: Kami Akan Merindukan Anda!

Novi Christiastuti - detikNews
Minta Inggris Tetap di Uni Eropa, Jerman: Kami Akan Merindukan Anda! Ilustrasi (detikcom/Zaki Alfarabi)
Berlin - Para politikus dan pelaku industri di Jerman menyampaikan permohonan kepada Inggris untuk tetap bergabung dengan Uni Eropa. Mereka mengaku tidak bisa melupakan momen saat Inggris menerima Jerman sebagai negara berdaulat usai Perang Dunia (PD) II silam.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (18/1/2019), Annegret Kramp-Karrenbauer yang merupakan Ketua Partai Serikat Demokratik Kristen Jerman (CDU) yang menaungi Kanselir Angela Merkel, bersama para politikus, pelaku industri dan seniman Jerman menyampaikan permohonan terakhir kepada Inggris yang akan hengkang dari Uni Eropa tahun ini.

"Tanpa negara Anda yang hebat, benua ini tidak akan menjadi seperti sekarang," demikian bunyi surat dari Jerman untuk Inggris yang dipublikasikan oleh surat kabar Inggris, The Times.


"Usai kengerian Perang Dunia II, Inggris tidak menyerah pada kami. Inggris menyambut Jerman kembali sebagai negara berdaulat dan kekuatan Eropa," imbuh surat itu.

Selain soal perang dan perdamaian, surat itu juga membahas soal hal-hal unik yang akan dirindukan jika Inggris meninggalkan blok Uni Eropa.

"Kami akan merindukan humor hitam Inggris yang melegenda dan pergi ke pub usai jam kerja untuk minum ale. Kami akan merindukan teh dengan susu dan mengemudi di sisi kiri jalanan. Dan kami akan rindu menonton panto saat Natal," demikian disebutkan dalam surat itu.


"Tapi lebih dari semuanya, kami akan merindukan warga Inggris -- teman kami di seberang selat," tandas surat tersebut.

Diketahui bahwa Inggris memiliki batas akhir 29 Maret untuk keluar dari Uni Eropa, setelah hasil referendum Brexit tahun 2016 lalu menunjukkan mayoritas rakyat Inggris ingin melepaskan diri dari blok negara-negara Eropa itu.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed