DetikNews
Jumat 18 Januari 2019, 12:45 WIB

Dubes RI Sampaikan Perkembangan Kerja Sama Indonesia-Italia

Rita Uli Hutapea - detikNews
Dubes RI Sampaikan Perkembangan Kerja Sama Indonesia-Italia Dubes Esti Andayani menyampaikan Updates from Indonesia (Foto: KBRI Roma)
Roma - KBRI Roma menyelenggarakan "Updates from Indonesia" Media Gathering di Wisma Indonesia Roma, Italia. Kegiatan yang digelar pada 16 Januari tersebut dilaksanakan dalam rangka menyampaikan resume Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri 2019 sekaligus perkembangan kerja sama RI dan Italia periode 2017 - 2018 dalam berbagai bidang kepada media Italia. Paparan disampaikan langsung oleh Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani.

Duta Besar Esti juga mengumumkan sepanjang tahun 2019 akan dimanfaatkan sebagai ajang peringatan 70 tahun hubungan diplomatik RI-Italia, dengan penekanan pada optimalisasi kerja sama bidang ekonomi kreatif dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah UMKM) kedua negara. Selanjutnya, Wakil Kepala Perwakilan RI, J.S. George Lantu, menyampaikan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan KBRI Roma dalam kaitan peringatan dimaksud. Hubungan diplomatik kedua negara secara resmi dimulai sejak pengakuan Italia terhadap kemerdekaan RI pada tahun 1949.

Acara juga diisi paparan mengenai pentingnya peningkatan kerja sama antara Italia dengan Indonesia, yang disampaikan oleh Kepala Subdit Asia dan Oseania Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Italia, Valentina Muiesan. Indonesia juga dipandang sebagai contoh masyarakat pluralistik yang mampu hidup berdampingan secara harmonis sehingga dapat dijadikan mitra utama dalam dialog lintas agama dan lintas budaya.

Analis Center for International Studies (CeSI), Francesca Manenti menyebutkan bahwa Indonesia merupakan mitra penting Italia dalam kerja sama penanggulangan terorisme. Indonesia juga menjadi contoh sukses upaya deradikalisasi. Lembaga CeSI merupakan think tank terkemuka Italia yang mengkaji isu-isu global.

Wakil Direktur ENI, Francesca Dionisi, dalam paparannya menyebutkan bahwa perusahaan migas milik negara Italia tersebut akan terus mengembangkan kerja sama eksplorasi energi dengan Indonesia yang telah dimulai sejak tahun 2001.

Sementara itu, Kepala Hubungan Internasional RAI Group, Simona Martorelli, menyampaikan bahwa grup media terbesar Italia tersebut telah menjalin kerja sama dengan televisi nasional Indonesia TVRI sejak tahun 2018. Diharapkan, kolaborasi di bidang informasi dan media dimaksud dapat semakin meningkatkan saling pengertian antara masyarakat kedua negara.

Wakil dari Asosiasi Indonesia Meets Italy, Jacopo Cappuccio, menerangkan bahwa dewasa ini hubungan people-to-people contact RI-Italia semakin baik seiring meningkatnya berbagai kegiatan promosi sosial budaya Indonesia di Italia. Hal ini ditandai dengan terus meningkatnya angka kunjungan wisata Italia ke Indonesia. Asosiasi Indonesia Meets Italy sendiri aktif setiap tahunnya menyelenggarakan Festival Film Indonesia di Florence, bekerja sama dengan KBRI Roma.

Duta Besar Esti Andayani pada sambutan penutupnya menyampaikan apresiasi atas seluruh kontribusi mitra KBRI Roma dalam meningkatkan hubungan kerja sama kedua negara. Selain itu, disampaikan pula ucapan terima kasih atas ungkapan simpati dan bantuan dalam berbagai bentuk dari pemerintah dan masyarakat Italia pada saat Indonesia dilanda bencana alam.

Para utusan media yang hadir sampaikan penghargaan atas inisiatif pelaksanaan kegiatan media gathering tersebut di mana dinilai dapat memberikan pemahaman lebih baik tentang kerja sama kedua negara. Kegiatan juga diliput oleh RAI News24, kanal berita utama nasional di Italia.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed