DetikNews
Selasa 15 Januari 2019, 01:31 WIB

Usai Ditikam, Kondisi Wali Kota Gdansk Masih Kritis

Andhika Prasetia - detikNews
Usai Ditikam, Kondisi Wali Kota Gdansk Masih Kritis Wali Kota Gdansk, Pawel Adamowicz (Foto: AFP Photo/Simon Krawczyk)
Gdansk - Wali Kota Gdansk, Pawel Adamowicz, dilarikan ke rumah sakit usai ditikam seorang pria dalam acara penggalangan dana. Kondisi Adamowicz masih terpantau kritis.

"Wali Kota Adamowicz sedang berjuang dalam kondisi yang sangat kritis," ujar dokter departemen kesehatan regional Gdansk, Jerzy Karpinski, seperti dilansir AFP, Selasa (15/1/2019).

Serangan itu terjadi saat acara amal penggalangan dana 'Lights to Heaven' yang diorganisir oleh Great Orchestra of Christmas Charity, organisasi amal paling penting di Polandia, pada Minggu (13/1) waktu setempat.


Setelah menikam Adamowicz beberapa kali, pria itu menoleh ke kerumunan dengan tangan terangkat penuh kemenangan tetapi langsung diamankan petugas. Akibatnya, pria 53 tahun itu menderita luka parah pada tubuhnya.

Paramedis sempat melakukan resusitasi pada Adamowicz di lokasi kejadian sebelum membawanya ke rumah sakit. Para dokter hari ini mengatakan, dia telah menjalani operasi namun dalam kondisi "sangat, sangat kritis".

Paramedis menyadarkan Adamowicz di tempat kejadian sebelum bergegas membawanya ke rumah sakit. Seorang juru bicara kepolisian setempat mengatakan pria yang ditahan itu adalah seorang 27 tahun yang tinggal di Gdansk, sebuah kota pantai Baltik dengan populasi sekitar setengah juta orang.
(dkp/zap)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed